Salam Metal Ganjar Pranowo untuk Masyarakat Jawa Timur

Senin, 09 Oktober 2023 - 15:19 WIB
loading...
Salam Metal Ganjar Pranowo untuk Masyarakat Jawa Timur
Ganjar Pranowo. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Calon Presiden Ganjar Pranowo meneriakkan salam ‘metal’ alias menang total dalam rangkaian safari politiknya di daerah-daerah termasuk di Jawa Timur. Ganjar hadir menyapa masyarakat untuk memperkuat jaringan pendukung dan sukarelawannya dalam upaya pemenangan Pilpres 2024 .

Jawa Timur sendiri memang menjadi daerah pertama yang disambangi oleh Ganjar dalam safari politiknya sejak diumumkan sebagai Calon Presiden. “Bukan banteng kalau gembeng (mudah menangis),” ucap Ganjar di Surabaya.

PDIP sebagai salah satu pengusung Ganjar Pranowo memang mendulang banyak suara di Jawa Timur pada pemilu dan pilpres dua periode sebelumnya. Di provinsi yang memiliki populasi lebih dari 40 juta jiwa ini, Presiden Joko Widodo dua kali memenangkan pilpres.

Pada Pilpres 2014, pasangan Jokowi-Jusuf Kalla meraih suara sah sebesar 53,1 persen (11.669.313 suara). Pada Pilpres 2019, pasangan Jokowi-Maruf Amin meraih 65,7 persen suara sah (16.231.668 suara).



Ganjar menginginkan tren positif ini berlanjut dan juga ‘terbeban’ untuk dapat melampaui kemenangan Jokowi-Amin 2019 pada tahun 2024 nanti. PDI-P Jatim sendiri sudah memproyeksikan kemenangan Ganjar sebesar 75 persen pada pilpres 2024 nanti. "Mesti Metal alias Menang Total," kata Ganjar yang disambut dengan sorak-sorai kader PDIP.

Pelaksana Tugas Ketua PDIP Jatim Said Abdullah menyatakan bahwa kader-kader telah siap untuk memanaskan dan menggerakan mesin politik untuk memenangkan Ganjar Pranowo sebagai Presiden Indonesia 2024-2029. "Kami sebagai kader tetap solid untuk mendukung keputusan mengusung Pak Ganjar,” katanya.

Said juga menyatakan bahwa memenangi kembali pemilu dan pilpres di Jawa Timur menjadi penting dikarenakan provinsi ini memang memegang peran vital dalam penentuan.

Hal senada juga dinyatakan oleh Surokim Abdussalam yang merupakan pengamat komunikasi politik Universitas Trunojoyo. Surokim menyatakan bahwa Jatim tidak dapat disepelekan oleh capres untuk memenangi kontestasi.

“Meski dari jumlah pemilih berada di bawah Jawa Barat, namun jika melepas Jawa Timur, lepas juga kemenangannya,” ucapnya.

Jawa Timur memang disebut para ahli sebagai daerah paling menantang bagi calon presiden dalam kontestasi pemilu. Hal ini dikarenakan karakter kebudayaan di Jawa Timur yang sangat beragam.

Jatim biasanya terbagi menjadi empat tlatah atau kawasan kebudayaan, yakni Mataraman, Arek, Madura, dan Pendalungan. Selain itu ada juga tlatah-tlatah kecil yang sedikit berbeda yakni Madura Kepulauan, Madura Bawean, Tengger, Panaragan, Osing, dan Sedulur Sikep (Samin).

Selain di Jatim, Salam Metal tersebut juga dikumandangkan oleh Joko Widodo bersamaan dengan Ganjar Pranowo saat membuka Rapat Kerja Nasional ke-3 PDIP. Salam metal tersebut merujuk kepada akronim menang total yang menjadi ambisi dari PDIP untuk meraih kemenangan ketiga di Pemilu dan Pilpres 2024.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2612 seconds (0.1#10.140)