Pemimpin Kreatif dan Inovatif, Ganjar Pranowo Diberi Penghargaan Gubernur Punakawan oleh MarkPlus

Senin, 09 Oktober 2023 - 00:15 WIB
loading...
Pemimpin Kreatif dan Inovatif, Ganjar Pranowo Diberi Penghargaan Gubernur Punakawan oleh MarkPlus
Capres 2024 Ganjar Pranowo mendapatkan penghargaan Gubernur Punakawan dari MarkPlus Corp pada 3 Agustus 2023 karena pembuktian dirinya sebagai pemimpin kreatif dan inovatif. Foto: Dok MPI
A A A
JAKARTA - Capres 2024 Ganjar Pranowo mendapatkan penghargaan Gubernur Punakawan dari MarkPlus Corp pada 3 Agustus 2023 karena pembuktian dirinya sebagai pemimpin kreatif dan inovatif. Menjadi pemimpin yang kreatif dan inovatif adalah hal yang tidak semua pemimpin dapat miliki, karena hal tersebut sangat bergantung kepada kecerdasan pemimpin dalam mencari solusi atas suatu permasalahan.

Punakawan merupakan tokoh pewayangan dari Jawa yang terdiri dari empat tokoh wayang Jawa yaitu Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong. Setiap tokoh wayang punakawan tersebut memiliki sifat masing-masing.

Kata "Punakawan" menggambarkan Ganjar sebagai seorang pemimpin yang memiliki sifat-sifat seperti cerdik, terpercaya, pandangan yang luas, serta pengamatan yang tajam dan cermat.



Penganugerahan penghargaan tersebut menunjukkan bahwa Ganjar dinilai sebagai sosok pemimpin yang memiliki kemampuan untuk menghadirkan solusi-solusi baru dan memiliki keberanian mengambil risiko demi kepentingan rakyat.

Membedah Konsep CI-EL & PI-PM ala MarkPlus dalam Menggambarkan Pemimpin Kreatif dan Inovatif dari Tokoh Punakawan

MarkPlus melalui penulisnya Hermawan Kartajaya dan Jacky Mussry, memperkenalkan konsep pemimpin kreatif dan inovatif dalam buku "Entrepreneurial Marketing: Punakawan Mendunia" yang diluncurkan pada 5 April 2023. Buku ini merupakan kelanjutan dari seri Marketing 3.0 dan 4.0, dengan kolaborasi pakar pemasaran modern Philip Kotler dan Hooi Den Huan.

Dalam buku ini, konsep CI-EL (Creativity, Innovation, Entrepreneurship, and Leadership) dan PI-PM (Productivity, Improvement, Professionalism, and Management) diilustrasikan dengan terinspirasi dari tokoh Punakawan dalam pewayangan nusantara.

Punakawan mencerminkan ciri-ciri CI-EL dan PI-PM, dengan tokoh-tokohnya yang mewakili aspek-aspek penting dalam dunia bisnis.

Konsep CI-EL dalam Punakawan mencakup Creativity, Innovation, Entrepreneurship, dan Leadership, yang diterjemahkan ke dalam karakteristik tokoh-tokoh seperti Bagong, Petruk, Gareng, dan Semar. Sementara itu, PI-PM dalam Pandawa mencakup Productivity, Improvement, Professionalism, dan Management, yang menggambarkan ciri-ciri Nakula, Sadewa, Arjuna, Bhima, dan Yudhistira.

Dalam menghadapi perubahan cepat dan persaingan ketat, konsep CI-EL & PI-PM ala MarkPlus menjadi panduan penting bagi pemimpin bisnis untuk menjadi lebih kreatif, inovatif, dan efektif. Kreativitas dan inovasi menjadi kunci dalam mengatasi tantangan pasar yang bergerak cepat dan dalam mencapai keunggulan kompetitif di era bisnis yang semakin level playing field.

Ganjar dan Konsep CI-EL dan PI-PM “Punakawan” untuk Menghadapi Pilpres 2024

Ganjar seperti yang terlihat dalam pandangan konsep CI-EL dan PI-PM ala MarkPlus sangat memerlukan kedua aspek ini dalam perannya sebagai pemimpin masa depan Indonesia sekaligus dalam konteks pemahaman akan tokoh Punakawan.

Dalam menghadapi beragam tantangan kompleks yang dihadapi oleh negara dan masyarakat, kemampuan untuk menciptakan inovasi, berani berkreasi, dan menjadi pemimpin yang berwawasan serta efektif sangatlah penting.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1300 seconds (0.1#10.140)