Profil Tri Yuniarto, Jenderal Bintang 2 Peraih Adhi Makayasa dan Penghargaan Sipil

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 05:36 WIB
loading...
Profil Tri Yuniarto, Jenderal Bintang 2 Peraih Adhi Makayasa dan Penghargaan Sipil
Mayor Jenderal TNI Tri Yuniarto (tengah). Foto/tni.mil.id
A A A
JAKARTA - Mayor Jenderal TNI Tri Yuniarto merupakan salah satu jenderal bintang dua terbaik TNI peraih Adhi Makayasa , Tri Sakti Wiratama, dan penghargaan sipil lainnya. Sosok Mayjen Tri Yuniarto kini menjabat Staf Ahli Bidang Sosbud Setjen Wantannas.

Jabatan yang diemban Mayjen Tri saat ini berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/940/IX/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Sementara Wantannas sendiri merupakan singkatan dari Dewan Ketahanan Nasional. Seperti dikutip dari situs resmi Wantannas, Sabtu (7/10/2023), Wantannas dibentuk pada 31 Agustus 1999, Presiden Habibie menerbitkan Keputusan Presiden Nomor 101 Tahun 1999 tentang pembentukan Dewan Ketahanan Nasional.



Dengan Keppres itu, nama Wanhankamnas berubah menjadi Dewan Ketahanan Nasional yang diakronimkan Wantannas. Pada dasarnya, tugas dan fungsi Wantannas tidak jauh berbeda lembaga sebelumnya.

"Dalam Keppres itu disebutkan bahwa Wantannas merupakan sebuah lembaga persidangan yang dibentuk dan diketuai oleh Presiden," bunyi keputusan tersebut.

Kembali kepada Mayjen Tri Yuniarto, jenderal kelahiran 15 Juni 1968 ini telah meraih sejumlah penghargaan, baik di lingkungan TNI maupun sipil.

Penghargaan yang telah diraih tentara dari kecabangan Kopassus ini antara lain:

1. Adhi Makayasa


Penghargaan ini diberikan bagi lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Polri. Mayjen Tri sendiri merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1989.

2. Tri Sakti Wiratama


Mayjen Tri meraih penghargaan ini sewaktu dia mengikuti Akmil pada tahun 1989. Penghargaan Tri Sakti Wiratama diberikan pada lulusan terbaik Akmil yang merupakan prestasi tertinggi, gabungan nilai mental, fisik, dan intelektualitas. Penghargaan ini diberikan pada taruna tingkat akhir pendidikan Akmil.

3. Lulusan Terbaik PPRA LV Lemhannas


Dikutip dari situs resmi Lemhannas, Mayjen Tri Yuniarto menerima penghargaan sebagai Lulusan Terbaik Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LV di Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas) pada tahun 2016.

Saat itu pangkat Tri Yuniarto masih Kolonel. Penghargaan itu disematkan langsung oleh Gubernur Lemhannas yang waktu itu dijabat Letnan Jenderal TNI (Purn) Agus Widjojo.

Sementara itu, berbagai tanda jasa telah diraih Mayjen Tri Yuniarto, seperti Bintang Yudha Dharma Pratama, Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, Satyalencana Kesetiaan 24 Tahun, Satyalencana Kesetiaan 16 Tahun, Satyalencana Kesetiaan 8 Tahun.

Kemudian Satyalencana GOM VII, Satyalencana Ksatria Yudha, Satyalencana Dharma Nusa (Ulangan Pertama), Satyalencana Wira Nusa, Satyalencana Wira Dharma, Satyalencana Wira Siaga.

Selanjutnya tanda jasa Satyalencana Seroja, Satyalencana Dwidya Sistha, Satyalencana Kebhaktian Sosial, dan Satyalencana Wira Karya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1308 seconds (0.1#10.140)