Gelar RIF 2023, Kementerian Investasi/BKPM Pastikan IKN Nusantara Jadi Magnet Baru Investasi

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 11:31 WIB
loading...
Gelar RIF 2023, Kementerian Investasi/BKPM Pastikan IKN Nusantara Jadi Magnet Baru Investasi
Direktur Promosi Wilayah Asia Tenggara, Australia, Selandia Baru, dan Pasifik Saribua Siahaan, saat membuka acara RIF 2023 di Balikpapan, Kalimantan Timur. (Foto: Kementerian Investasi/BKPM)
A A A
BALIKPAPAN - Selasa (26/9/2023), Kementerian Investasi/BKPM menggelar Regional Investment Forum (RIF) di Balikpapan, Kalimantan Timur. Forum tersebut diselenggarakan dalam rangka mempromosikan potensi investasi di IKN Nusantara serta menjembatani pertemuan calon penanam modal dengan pemerintah daerah.

Forum investasi yang membahas peluang, kebijakan, dan tantangan investasi di IKN Nusantara ini diresmikan oleh Direktur Promosi Wilayah Asia Tenggara, Australia, Selandia Baru, dan Pasifik Saribua Siahaan, yang mewakili Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal, serta Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Senior Advisor Kementerian Investasi/BKPM Indra Darmawan, Direktur Perencanaan Jasa dan Kawasan Kementerian Investasi/BKPM Noor Fuad Fitrianto, dan Direktur Perencanaan Makro Otorita Ibu Kota Nusantara Agustomi Masik.

Kemudian hadir pula Wakil Ketua KADIN Provinsi Kalimantan Timur Sayid Irwan, Wakil Ketua Umum DPP REI/President FIABCI Asia Pacific, Rusmin Lawin, Senior President Corporate Banking Bank Mandiri Budi Purwanto, serta 200 peserta yang berasal dari berbagai lapisan, termasuk pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan para pelaku usaha.

Direktur Promosi Wilayah Asia Tenggara, Australia, Selandia Baru, dan Pasifik Kementerian Investasi/BKPM Saribua Siahaan menyampaikan bahwa pemerintah terus mendorong investasi di IKN Nusantara. Forum Investasi ini diharapkan dapat memberikan informasi yang komprehensif kepada para calon investor mengenai peluang investasi di IKN Nusantara.

“Sinergi seluruh pemangku kepentingan sangat dibutuhkan dalam pengembangan investasi IKN Nusantara. Oleh karena itu, Kementerian Investasi/BKPM melibatkan UMKM, KADIN, dan HIPMI, serta menggandeng Bank Mandiri untuk mempermudah akses pendanaan bagi investor,” kata Saribua dalam sambutannya.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menyampaikan dukungan penuh kepada pemerintah dalam pembangunan IKN Nusantara. Pembangunan IKN Nusantara akan memberikan dampak positif yang besar, tidak hanya bagi Kalimantan Timur, tetapi juga bagi Indonesia secara keseluruhan. Oleh karena itu, semua pihak harus bahu-membahu untuk mewujudkannya.

“Kegiatan forum ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mendukung pembangunan IKN. Kami dari Balikpapan pasti akan mendukung 1.000 persen. Pelaku usaha juga harus bisa turut mengambil peran, terutama yang di Kalimantan Timur,” ujar Rahmad.

Salah satu peserta yang menyambut positif kegiatan forum ini adalah Sidik Amirullah dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Balikpapan. Sidik menyampaikan rasa optimismenya bahwa proyek IKN Nusantara akan sukses dan mengajak para pengusaha untuk berkontribusi dalam pembangunannya.

“Kami yakin dan optimis bahwa proyek ini akan berhasil. Kami dari HIPMI, khususnya pengusaha lokal dari Kota Balikpapan siap mendukung. Proyek ini sangat menarik dan peluang investasinya sangat besar. Ayo teman-teman pengusaha yang ada di nasional maupun internasional dukung proyek IKN, jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari proyek yang luar biasa ini," kata Sidik.

Sebagai informasi, kegiatan RIF 2023 yang diselenggarakan di Balikpapan ini merupakan destinasi ketiga setelah sebelumnya sukses diadakan di Medan dan Labuan Bajo. Acara ini menyajikan beragam proyek-proyek di sektor transportasi, perumahan, konstruksi, energi terbarukan, kesehatan, serta pendidikan. Selain itu, dalam forum ini juga terdapat pertemuan bisnis dan kunjungan ke IKN Nusantara.
(irh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0950 seconds (0.1#10.140)