Ganjar Hormati Kaesang Pimpin PSI: Berdemokrasi Adalah Hak Setiap Orang

Kamis, 05 Oktober 2023 - 19:49 WIB
loading...
Ganjar Hormati Kaesang Pimpin PSI: Berdemokrasi Adalah Hak Setiap Orang
Capres 2024 yang diusung PDIP Ganjar Pranowo memberikan tanggapan terhadap penunjukan Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum PSI. Foto: Dok MPI
A A A
JAKARTA - Capres 2024 yang diusung PDIP Ganjar Pranowo memberikan tanggapan terhadap penunjukan Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Kaesang yang merupakan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menjadi Ketua Umum PSI pada 23 September 2023.

“Dalam konteks politik, hak berdemokrasi adalah hak yang dimiliki setiap individu. Siapa pun yang ingin berkontribusi dalam politik, mereka memiliki hak untuk melakukannya,” ujar Ganjar di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Minggu 24 September 2023.



Ganjar menegaskan pemilihan Kaesang sebagai Ketua Umum PSI adalah hak individu yang harus dihormati meski pun pandangan politiknya berbeda dengan pandangan politik keluarga Kaesang.

Peresmian Kaesang sebagai Ketum PSI berlangsung di kediaman Presiden Jokowi di Solo, Jawa Tengah, Sabtu 23 September 2023.

"Dengan langkah ini, kami berharap agar generasi muda dapat memainkan peran yang lebih signifikan dalam politik dan masyarakat, terutama dalam pemilihan umum di mana generasi muda seringkali hanya menjadi objek pasif," kata Kaesang.

Pendapat dari kedua pihak ini mendorong dukungan terhadap partisipasi generasi muda dalam dunia politik sehingga setiap individu dapat menyadari haknya untuk berpartisipasi dalam proses politik.

Dengan Kaesang sebagai Ketum PSI, partai politik lain mulai menjalin kerja sama dengan PSI melalui peran Kaesang dalam partai tersebut.

Alasan Kaesang Masuk PSI

Kaesang memilih jalur yang berbeda ketika memasuki dunia politik. Dia mengumumkan keputusannya untuk bergabung PSI.

Pilihan yang diambil Kaesang berbeda dengan langkah ayahnya Jokowi yang pada tahun 2004 memutuskan menjadi anggota PDIP. Setahun setelahnya, Jokowi mencalonkan diri sebagai Wali Kota Solo pada tahun 2005 bersama FX Hadi Rudyatmo.

Kaesang menjelaskan bahwa alasan bergabungnya dengan PSI karena adanya kesamaan visi dan misi. "Kami memiliki visi dan misi serupa yaitu ingin melibatkan lebih banyak anak muda dalam urusan sektor publik," ujarnya.

Dia berharap generasi muda dapat terlibat secara aktif pada Pemilu 2024. Menurut Kaesang, pemilu memiliki dampak besar pada masa depan generasi muda Indonesia.

"Kami melihat PSI adalah sebuah partai yang memiliki kualitas baik dan diisi generasi muda yang memiliki integritas, kompetensi, dan yang terpenting semangat membuat Indonesia menjadi lebih baik. Sayangnya, mereka belum memiliki perwakilan di parlemen," katanya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2372 seconds (0.1#10.140)