Kecanggihan Amfibi BMP-3F, Tank Buatan Rusia yang Dinaiki Presiden Jokowi di HUT TNI

Kamis, 05 Oktober 2023 - 14:42 WIB
loading...
Kecanggihan Amfibi BMP-3F, Tank Buatan Rusia yang Dinaiki Presiden Jokowi di HUT TNI
Presiden Jokowi didampingi Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Komandan Upacara Mayjen TNI Choirul Anam menaiki tank amfibi BMP-3F pada acara peringatan HUT ke-78 TNI, Kamis (5/10/2023). FOTO/ANTARA/AKBAR NUGROHO GUMAY
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menaiki tank amfibi BMP-3F pada acara peringatan HUT ke-78 TNI , Kamis (5/10/2023). Tak sendiri, Jokowi juga ditemani Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Pada acara yang berlangsung di Silang Monas, Jakarta Pusat, Presiden Jokowi hadir sekitar pukul 08.00 WIB. Tak lama setelah tiba di mimbar kehormatan, kepala negara melakukan inspeksi pasukan dengan menaiki tank amfibi BMP-3F milik TNI Angkatan Laut.

Sekadar informasi, amfibi BMP-3F merupakan salah satu tank yang memiliki kemampuan mumpuni. Lebih jauh, berikut kecanggihannya yang bisa diketahui.


Kecanggihan Tank Amfibi BMP-3F

BMP-3F merupakan kendaraan tempur (ranpur) buatan Kurganmashzavod, Rusia. Tank ini dikembangkan khusus untuk pasukan angkatan laut serta pasukan reaksi cepat.

Mengutip laman Naval Technology, BMP-3F menawarkan daya serang kuat, mobilitas, serta perlindungan bagi pasukan amfibi dalam misi seperti penyerangan berkelanjutan. Tak hanya, unit Marinir juga bisa menggunakannya sebagai pasukan pertahanan perbatasan.

Lebih jauh, BMP-3F adalah salah satu varian dari kendaraan tempur infanteri (IFV) BMP-3. Tank amfibi ini bisa dioperasikan oleh tiga awak serta dapat menampung hingga tujuh tentara.

BMP-3F memiliki panjang 7,14 m, lebar 3,5 m, dan tinggi 2,5 m. Sementara untuk bobotnya sendiri mencapai 18,7 t.



Pada dapur pacunya, BMP-3F dibekali mesin diesel berpendingin UTD-29M yang dipadukan dengan transmisi hidromekanik. Komponen ini mampu menyemburkan tenaga hingga 450 HP dan memberi performa kecepatan operasional 72 km/jam.

Beralih ke jangkauan, ranpur buatan Rusia itu umumnya bisa menjangkau hingga 600 km di darat. Sementara jika berada di air, BMP-3F diklaim mampu bertahan hingga 7 jam dengan mesin menyala.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1209 seconds (0.1#10.140)