Hadiri HUT ke-78 TNI, SBY Gagah Kenakan Seragam Jenderal Bintang Empat

Kamis, 05 Oktober 2023 - 11:20 WIB
loading...
Hadiri HUT ke-78 TNI, SBY Gagah Kenakan Seragam Jenderal Bintang Empat
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengenakan seragam TNI saat menghadiri upacara HUT ke-78 TNI di Silang Monas, Jakarta, Kamis (5/10/2023). FOTO/TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE SETPRES
A A A
JAKARTA - Presiden ke-6 Republik Indonesia (RI), Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) menghadiri upacara HUT ke-78 TNI di Silang Monas, Jakarta, Kamis (5/10/2023). SBY tampak gagah dengan mengenakan pakaian dinas TNI lengkap dengan bintang empat di pundak.

Dari pantauan di lokasi, SBY duduk bersebelahan dengan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Dengan warna seragam berwarna cokelat, SBY berkharisma dengan gerakan memberikan hormat saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan.

Selain SBY, beberapa purnawirawan jenderal TNI juga hadir, di antaranya mantan Wapres Try Sutrisno, mantan KSAL Laksamana (Purn) Marsetio, Laksamana (Purn) Soeparno, Laksamana (Purn) Ade Supandi, mantan KSAU Marsekal (Purn) Imam Sufaat.



Mengawali upacara, Presiden Jokowi memimpin jalannya acara dengan mengheningkan cipta bagi para arwah pahlawan yang telah gugur. Selanjutnya, dilakukan pengucapan Sapta Marga.

Dalam amanatnya, Jokowi menyampaikan selamat ulang tahun ke-78 kepada TNI. Dirinya juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas peran dan kerja keras seluruh jajaran TNI.

"Pertama-tama atas nama rakyat bangsa dan negara saya mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-78 kepada Tentara Nasional Indonesia di manapun saudara-saudara bertugas," ucap Jokowi.

Jokowi juga berterima kasih atas dedikasi dan pengabdian seluruh anggota TNI yang telah menjadi benteng terdepan pertahanan negara serta pelindung rakyat.



"Dan terima kasih atas dedikasi, atas keberanian, profesionalisme dan pengabdian seluruh anggota TNI yang menjadi benteng terdepan pertahanan negara, yang menjadi kekuatan pelindung rakyat, yang menjadi perisai penjaga NKRI, perisai penjaga Pancasila, perisai penjaga UUD 1945," tuturnya.

Turut hadir dalam upacara HUT ke-78 TNI, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden ke-7 Try Soetrisno, Wakil Presiden ke-10 Muhammad Jusuf Kalla, Wakil Presiden ke-11 Boediono serta para menteri Kabinet Indonesia Maju.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0992 seconds (0.1#10.140)