Tokoh Jatim Sambut Baik Elektabilitas Erick Thohir Meroket di Jawa Timur

Senin, 02 Oktober 2023 - 17:00 WIB
loading...
Tokoh Jatim Sambut Baik Elektabilitas Erick Thohir Meroket di Jawa Timur
Elektabilitas Erick Thohir di Jawa Timur merajai bursa cawapres 2024 berdasarkan hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Elektabilitas Erick Thohir di Jawa Timur merajai bursa calon wakil presiden ( cawapres ) 2024. Menteri BUMN itu mengungguli tokoh-tokoh lain berdasarkan hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia.

Tokoh politik Jawa Timur Ahmad Rizki menyambut baik hasil survei tersebut. Elektabilitas yang baik itu dinilai merupakan hasil kerjanya dalam membenahi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

"(Sebagai) Ketua Panitia Harlah Satu Abad NU di Sidoarjo punya pengaruh besar, termasuk kinerja sebagai Menteri BUMN maupun yang terbaru sebagai Ketum PSSI," kata Ahmad Rizki, Senin (2/10/2023).



Ahmad senang dengan penerimaan warga NU dan Jatim terhadap Erick Thohir. Ia menilai Erick selalu mampu mengemban amanah dengan baik, termasuk saat menjadi Ketua Panitia Satu Abad NU. Selain Erick, muncul juga Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang patut dipertimbangkan.

"Kami bersyukur dua nama yang diusulkan memuncaki survei ini. Selanjutnya tentu bergantung capres dan ketum-ketum partai pendukung untuk memutuskan," kata Ahmad.

Untuk diketahui, dalam hasil survei yang digelar Indikator Politik Indonesia pada 14-20 September 2023, Erick Thohir menempati posisi teratas dalam simulasi 19 nama cawapres dengan perolehan 17,2%. Di bawah Erick, ada nama Khofifah Indar Parawansa dengan 15,1% dan Mahfud MD dengan 11,5%.

Dalam simulasi lima nama cawapres, Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan Erick meraih 24,7% atau unggul atas Khofifah dengan 24,4%.

Dalam simulasi sembilan nama dan enam nama sebagai cawapres yang lebih didukung Jokowi, Erick meraih 19,9% dan 24,7% atau unggul cukup jauh dari Khofifah yang berada di peringkat kedua dengan 16,7% dan 18%.

Burhanuddin menyampaikan mayoritas warga NU menyebut Erick sebagai figur paling pantas mendampingi Capres Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto. Dalam simulasi sepuluh nama cawapres Ganjar, Erick berada di peringkat teratas dengan 20,1% atau unggul dari Khofifah dengan 18,5%, dan Ridwan Kamil sebesar 13,5%.

"Simulasi sama untuk cawapres Prabowo, lagi-lagi, Erick juga meraih suara terbanyak dengan 22,7%, unggul dari Khofifah dengan 20,6%, dan Gibran dengan 9,7%," kata Burhanuddin dalam pemaparan hasil survei bertajuk Signifikansi NU dan Peta Elektoral Jelang Pemilu 2024 di Jawa Timur pada Minggu (1/10/2023).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2065 seconds (0.1#10.140)