Survei Indikator: Warga NU Pilih Ridwan Kamil sebagai Cawapres 2024

Minggu, 01 Oktober 2023 - 11:58 WIB
loading...
Survei Indikator: Warga NU Pilih Ridwan Kamil sebagai Cawapres 2024
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat fashion show bersama driver ojek online di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (20/7/2022). Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbaru yang mereka lakukan mulai 25 Agustus hingga 3 September 2023. Dalam hasil survei bertajuk Swing Voters, Efek Sosialisasi, dan Tren Elektoral Jelang Pilpres 2024 itu, mereka turut memotret figur calon wakil presiden (cawapres) yang diharapkan oleh masyarakat.

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali menempati posisi teratas. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengungkap hal tersebut dalam paparan hasil survei yang disiarkan secara daring pada Sabtu, 30 September 2023.

Dia mengakui ada perubahan hasil survei cawapres terkini bila dibandingkan dengan hasil survei terdahulu. “Sebelumnya kami temukan Erick Thohir menempati peringkat pertama, di survei terakhir kami Erick disalip oleh Ridwan Kamil,” ungkap dia.



Dalam survei tersebut, Indikator Politik Indonesia melempar 19 nama yang dinilai paling pantas menjadi cawapres. Hasilnya, sebanyak 16,6% memilih Ridwan Kamil.

Sisanya 13,9% memilih Erick Thohir, kemudian 11,3% memilih Sandiaga Salahuddin Uno. Merujuk hasil survei tersebut, Ridwan Kamil juga mengungguli Agus Harimurti Yudhoyono, Gibran Rakabuming Raka, Mahfud MD, serta Khofifah Indar Parawansa.

Lantaran belakangan muncul opsi cawapres yang dianggap punya benang merah dengan Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam seperti Nahdlatul Ulama (NU), Indikator Politik Indonesia turut memotret suara masyarakat yang berlatar belakang ormas Islam.

Diakui Burhanuddin, NU mendominasi suara masyarakat yang merasa berada dalam keluarga besar ormas Islam di Indonesia. Angkanya mencapai 45,5%. Saat ditanya siapa figur yang paling pantas menjadi cawapres, sebagian besar di antara mereka menjawab Ridwan Kamil.

Burhanuddin menegaskan, jawaban itu memang bisa jadi tidak sama dengan pandangan elite atau pihak-pihak yang mengklaim menjadi representasi NU. “Jadi, berbeda dengan klaim elite, pendukung NU yang menjatuhkan pilihan kepada Ridwan Kamil itu cukup besar 18,3%,” beber dia.

Di bawah pria yang akrab dipanggil RK tersebut, ada nama Erick Thohir dengan raihan hasil survei pada angka 15,6%. Berbeda dengan Erick yang punya kaitan dengan NU lantaran sudah menjadi bagian Banser, Burhanuddin menyatakan RK tidak dikenal terafiliasi secara langsung dengan NU.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1099 seconds (0.1#10.140)