Erick Thohir Dituding Syirik Setelah Berziarah ke Makam Pendiri NU, Menaq Yaqut: Itu Namanya Tawasul

Sabtu, 30 September 2023 - 13:50 WIB
loading...
Erick Thohir Dituding Syirik Setelah Berziarah ke Makam Pendiri NU, Menaq Yaqut: Itu Namanya Tawasul
Menteri BUMN Erick Thohir berziarah ke makam sejumlah ulama di di Jawa Timur. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meluruskan tudingan miring terhadap Menteri BUMN Erick Thohir yang dianggap berbuat syirik karena berziarah ke makam-makam ulama di Jawa Timur, termasuk makam pendiri Nadhlatul Ulama (NU). Menurut Menag Yaqut, apa yang dilakukan Erick Thohir adalah bagian dari Tawasul.

"Itu namanya tawasul. Biasa saja. Apalagi bagi nahdliyin seperti Erick, meyakini bahwa ulama yang sudah wafat sudah berada dekat di sisi Allah sehingga pantas dititipkan doa kepada Allah," ujar Yaqut kepada MPI, Sabtu (30/9/2023).

Menag Yaqut menambahkan, tidak ada satu pun unsur menyekutukan Allah yang dilakukan Erick Thohir. Menganggap Erick melakukan perbuatan syirik, kata Yaqut, adalah hal rancu yang tidak bisa dibenarkan.



"Syirik itu menyekutukan Allah. Termasuk berdoa kepada selain Allah. Lha Erick itu seperti yang saya bilang, dia bertawasul. Orang NU melakukan kebiasaan itu," katanya.

"Apa yang aneh?" ujar Yaqut.

Untuk diketahui, Erick Thohir berziarah ke makam pendiri NU, KH Hasyim Asy’ari dan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang menjelang penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. Ketua Umum PSSI itu berdoa agar penyelenggaraan turnamen Piala Dunia U-17 2023 yang juga berlangsung di Jawa Timur bisa berjalan lancar.

Jawa Timur menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Stadion Gelora Bung Tomo akan menjadi arena bertarung Timnas Indonesia U-17 yang akan bersaing di Grup A.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)