Ganjar Pranowo Dorong Kedaulatan Pangan dengan Penguatan dari Hulu ke Hilir

Sabtu, 30 September 2023 - 00:14 WIB
loading...
A A A
Mengacu peringkat Indeks Ketahanan Pangan (IKP) yang dikeluarkan Kementerian Pertanian 2021, Jateng menjadi provinsi terbaik kedua nasional di bawah Bali dengan nilai IKP 83,72 atau berkategori Sangat Tahan. Provinsi Jateng di bawah kepemimpinan Ganjar telah sukses melakukan Gerakan Seribu Embung, khususnya dalam membantu perairan pertanian.

Bahkan, sejak 2015 sudah terbangun 1.135 embung yang banyak berperan dalam mengairi sawah, khususnya sawah tadah hujan saat kemarau. Keberadaan embung, besar manfaatnya untuk masyarakat, lantaran Jateng kerap dilanda bencana kekeringan saat musim kemarau, dan banjir saat musim hujan.

Sehingga, air yang ditampung dalam embung dapat dimanfaatkan untuk mengairi sawah saat musim kemarau, dan menyediakan sumber air baku untuk warga. Apalagi, sebagai salah satu lumbung pangan di Tanah Air, Jateng harus menjaga produktivitas pertaniannya.

Sedangkan saat musim hujan embung berfungsi sebagai penampung air dan pengendali banjir. Ganjar juga memberikan bantuan bahan bakar untuk petani dalam mengairi sawah dan kebun, serta berbagai kebijakan dan bantuan lainnya.
(rca)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2074 seconds (0.1#10.140)