Dorong Kedaulatan Pangan, Ganjar Pranowo Bicara Keragaman Pangan dari Papeda hingga Tiwul

Jum'at, 29 September 2023 - 16:26 WIB
loading...
Dorong Kedaulatan Pangan, Ganjar Pranowo Bicara Keragaman Pangan dari Papeda hingga Tiwul
Bakal Calon Presiden (Bacapres) yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo mendorong agar kedaulatan pangan dapat digenjot. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Bakal Calon Presiden (Bacapres) yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo mendorong agar kedaulatan pangan dapat digenjot. Melalui kedaulatan pangan , ia merasa akan tercipta diversifikasi pangan.

Hal itu disampaikan Ganjar saat berpidato di Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (29/9/2023).



"Kita terus genjot kedaulatan pangan melalui diversifikasi pangan kita yang tadi disampaikan. Biarkan yang makan papeda makan papeda. Biarkan yang makan tiwul tetap makan tiwul. Dan yang makan beras juga, makan beras," ujar Ganjar.

Dengan begitu, Ganjar merasa sumber pangan konvesional seperti sorgum masih dapat dikonsumsi. "Biarkan. Karena itulah sumber pangan yang sangat variatif, yang kita miliki. Negara lain tidak memiliki itu. Biarkan," terang Ganjar.

Di sisi lain, Ganja juga mendorong kepastian pemberian insentif untuk pupuk, hingga sarana budidaya ikan tangkap. Menurutnya, penyaluran intensif itu perlu dilakukan secara tepat sasaran.



"Maka dari itu jaman sudah berubah. Generasi berganti. Dan kita tidak bisa mengharapkan berdikari dari pangan ini tanpa kita melakukan kita melakukan perubahan besar dari teknologi," tutur Ganjar.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)