Kisah Mengharukan Bu Yayu, Istri Jenderal Ahmad Yani yang Memberi Makan Para Tahanan PKI

Jum'at, 29 September 2023 - 16:22 WIB
loading...
A A A
Mendapati makanan yang diberikan, para tahanan menyambutnya dengan senang. Meski masih dibayangi rasa takut terhadap keberadaan CPM, mereka tetap lahap menyantap sajian yang diberikan istri mendiang Ahmad Yani.

Tak hanya para tahanan PKI yang datang bersih-bersih, Yayu juga diketahui sering memberikan perhatian terhadap Pranoto Reksosamudro. Dia merupakan kolega dekat Ahmad Yani yang dituduh terlibat G30S/PKI dan sempat dipenjara.

Bukan hanya memberi makanan, istri mendiang Jenderal Ahmad Yani itu juga berusaha memberi perhatian untuk anak-anak Pranoto. Menurut penuturannya, anak-anaknya itu tidak boleh ikut menderita.



G30S/PKI merupakan momen kelam bagi sejarah Indonesia. Pada pemberontakan yang didalangi PKI itu, sebanyak enam jenderal dan seorang perwira Angkatan Darat menjadi korbannya.

Melihat nama-nama tersebut, salah satunya adalah Jenderal Ahmad Yani. Bersama sejumlah jenderal lain, dia difitnah dan dituduh berkeinginan menjatuhkan Presiden Soekarno.

Pada peristiwa G30S/PKI, Jenderal Yani diculik gerombolan PKI dan dibunuh. Jasadnya ditemukan di daerah Lubang Buaya bersama para jenderal lain yang juga menjadi korbannya.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3000 seconds (0.1#10.140)