Hari Bhakti Postel ke-78, Generasi Muda Diajak Majukan Pos dan Telekomunikasi

Rabu, 27 September 2023 - 17:43 WIB
loading...
Hari Bhakti Postel ke-78, Generasi Muda Diajak Majukan Pos dan Telekomunikasi
Menkominfo Budi Arie Setiadi dalam eringatan Hari Bhakti Postel ke-78 digelar di Kantor Pusat PT Pos Indonesia (Persero) Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/9/2023). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Peringatan Hari Bhakti Pos dan Telekomunikasi (Postel) ke-78 digelar di Kantor Pusat PT Pos Indonesia (Persero) Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/9/2023). Tepat 78 tahun lalu, di tempat ini, terjadi peristiwa pengambilalihan Jawatan Pos Telegraf dan Telepon dari kekuasaan Pemerintahan Jepang.

Dalam sambutannya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengajak generasi muda Indonesia melanjutkan perjuangan untuk memajukan pos dan telekomunikasi nasional. Sebab, dalam sejarahnya, pengambilalihan Jawatan Pos Telegraf dan Telepon dari Jepang juga dilakukan oleh putra-putri Indonesia yang tergabung dalam Angkatan Muda Pos Telegrap dan Telepon (AMPTT).

"Perjuangan para pahlawan Postel ini harus kita lanjutkan, apalagi perjuangan mereka merebut kantor pos ini dari Jawatan Pos Telegraf dan Telepon Jepang. Ini menginspirasi kita semua bahwa kita bangsa Indonesia mampu merebut yang menjadi hak milik kita," kata Budi Arie usai memimpin Upacara Peringatan Hari Bhakti Postel ke-78 di Bandung, Rabu (27/09/2023).

Menurut Menkominfo, ekosistem postel Indonesia dapat tumbuh dan berkembang karena peran dan kontribusi besar dari banyak pihak. Karena itu, ia atas nama Pemerintah menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh insan sektor pos dan telekomunikasi Indonesia.

"Kita berharap generasi mendatang terus bergerak, berpikir, dan optimis untuk membawa kemajuan telekomunikasi dan pos di Indonesia," ujar Budi Arie dalam keterangan tertulis Kementerian Kominfo.

Kerja keras bersama insan pos dan telekomunikasi telah menjaga geliat perekonomian terus bertumbuh. Diharapkan dapat menjadi salah satu lokomotif pendorong kemajuan Indonesia.

Dalam peringatan Hari Bhakti Postel yang mengangkat tema KolaborAksi Digital untuk Indonesia Maju, Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia, Haris menerima tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia. Penghargaan itu tertuang dalam Lampiran Keputusan Presiden Nomor 88/TK/Tahun 2023.

Haris menerima Tanda Kehormatan tersebut karena telah berperan aktif dalam bidang perposan melalui inisiasi dan pengembangan aplikasi Pos Giro Cash berbasis Android dengan dilengkapi fitur Geo Tagging, Face Recognition dan Scan QR yang terkonfirmasi langsung ke basis data secara real time dalam penyaluran bansos kepada Keluarga Penerima Manfaat dan bersinergi dengan pihak terkait, sehingga program pemerintah terlaksana dengan mudah, cepat, tepat dan akuntabel.

"Penghargaan ini hanyalah simbol dari tujuan yang lebih besar yaitu kemanfaatan saya bagi masyarakat Indonesia. Apa yang saya dapatkan hari ini tidak lepas dari dukungan dan kerja keras insan Pos Indonesia," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)