Jadi Kepala UKP-PIP, Ini Misi Yudi Latief Terkait Pancasila

Rabu, 07 Juni 2017 - 12:10 WIB
Jadi Kepala UKP-PIP, Ini Misi Yudi Latief Terkait Pancasila
Jadi Kepala UKP-PIP, Ini Misi Yudi Latief Terkait Pancasila
A A A
JAKARTA - Kepala Pusat Studi Islam dan Kenegaraan Indonesia (PSIK-I), Yudi Latief telah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP).

Yudi menilai, terbentuknya unit ini menjadi momentum untuk mengupayakan merekatnya kembali kebangsaan. Sebab, Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa dari berbagai macam perbedaan.

‎"Ibarat sapu lidi kalau tidak diikat akan berserak. Sapu lidi akan kuat bila dijadikan satu ikatan yang kuat. Dan ikatan yang kuat itu Pancasila," ujar Yudi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Menurut Yudi, gairah masyarakat untuk meyakinkan kembali Pancasila sebagai Ideologi bangsa terlihat saat peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni lalu. Namun‎ dia berharap, gairah masyarakat tersebut harus menjadi yang disebutnya satu tarikan nafas pada 1 Juni 1945 sampai akil balignya pada 18 Agustus 1945.

‎"Momen pekan Pancasila ini bisa kita terusnya menjadi bulan Pancasila," tutur dia.

Pria yang akrab disapa Kang Yudi ini menginginkan agar ke depannya peringatan Hari Pancasila tidak lagi diselenggarakan selama sepekan, melainkan selama satu bulan.‎ Sehingga masyarakat akan memahami sejarah kelahiran Pancasila yang dinilai tidak singkat.

‎"Saya kira pro kontra soal ini kita selesaikan dengan cara semua orang mengerti bahwa Pancasila tidak sekali jadi tapi melalui proses yang kontinu mulai 1 Juni sampai 18 Agustus," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3733 seconds (0.1#10.140)