Menkominfo Nilai Kesadaran Masyarakat Pada Cyber Security Rendah

Rabu, 31 Mei 2017 - 16:34 WIB
Menkominfo Nilai Kesadaran Masyarakat Pada Cyber Security Rendah
Menkominfo Nilai Kesadaran Masyarakat Pada Cyber Security Rendah
A A A
JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menilai kesadaran masyarakat Indonesia terhadap keamanan dunia maya (cyber security) masih perlu ditingkatkan. Pasalnya, tingkat kesadaran masyarakat terhadap cyber security dianggapnya masih rendah.

"Secara umum ya, kesadaran akan cyber security di Indonesia masih belum tinggi. Harus masih ditingkatkan," ujar Rudiantara di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (31/5/2017).

Adapun seringnya akun-akun pribadi atau website yang diretas sebagai bukti masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap cyber security. Rudiantara pun memberikan contoh seringnya masyarakat yang tak berkala mengganti password kartu ATM. Selain itu, password email yang tak pernah diganti menjadi penyebab terjadinya peretasan.

"Padahal fasilitas untuk ganti PIN itu diberikan oleh bank. Jadi setiap transaksi itu ditanya, PIM itu bukan satu-satunya untuk menyelesaikan masalah cyber security. Tapi mengganti password atau nomor rahasia itu harus ada di diri kita," katanya.

Dirinya pun menyarankan masyarakat melakukan empat hal untuk mencegah terjadinya peretasan akun pribadi atau website. Pertama, secara rutin mengganti password atau PIN.

Kedua, rajin back up data di komputer. Ketiga, selalu melakukan download antivirus yang terbaru. Terakhir, mendownload software atau operating system yang diupgrade.

"Kadang kita diberi tahu minta diupgrade, bisa kita tinggal, ini secara umum ya," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5789 seconds (0.1#10.140)