Bursa Cawapres 2024, Pengamat: Mahfud MD Bisa Perkuat Branding Ganjar

Minggu, 24 September 2023 - 09:26 WIB
loading...
Bursa Cawapres 2024, Pengamat: Mahfud MD Bisa Perkuat Branding Ganjar
Sosok Mahfud MD diyakini akan bisa memberikan dampak elektoral signfinikan apabila dipasangkan dengan Ganjar Pranowo dalam kontestasi Pilpres 2024. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bursa bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendamping Ganjar Pranowo semakin seru. Apalagi setelah Ridwan Kamil (RK) terlempar dari “persaingan”. RK tersingkir karena posisi Partai Golkar yang berada di Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan partai tersebut tidak mempersiapkan RK sebagai cawapres.

Beberapa elite PDIP menyampaikan ada dua nama yang dipertimbangkan menjadi bacawapres pendamping Ganjar, yaitu Mahfud MD dan Sandiaga Uno. Keduanya saat ini menjabat menteri di Kabinet Presiden Jokowi.

Peneliti SMRC Saidiman Ahmad meyakini sosok Mahfud MD akan bisa memberikan dampak elektoral signfinikan apabila dipasangkan dengan Ganjar dalam kontestasi Pilpres 2024 . Mahfud MD bisa memperkuat branding integritas untuk Ganjar Pranowo.

Branding integritas ini penting karena salah satu kualitas personal yang dianggap paling penting oleh masyarakat untuk seorang pemimpin nasional adalah integritas,” kata Saidiman di Jakarta, Minggu (24/9/2023).

Menurut dia, Mahfud bisa menghadirkan kualitas personal tersebut melalui rekam jejaknya yang bersih dan berani selama ini. Selain itu, menilik dari aspek sejarah, PDIP cenderung mengambil tokoh Nahdlatul Ulama (NU) sebagai cawapres. Misalnya di Pemilu 2019, KH Ma’ruf Amin dipilih menjadi cawapres Jokowi.

Menurut dia, saat ini di antara sejumlah tokoh NU, Mahfud MD salah satu yang paling populer dan mendapatkan penerimaan publik yang sangat baik. “Nama-nama lain yang selama ini juga potensial mulai tereliminasi berdasarkan signal dari elite PDIP,” ujarnya.

Dari aspek sosiologi, menurut Saidiman, sosok Mahfud MD bisa mempersolid dukungan pada Ganjar di wilayah Jawa Timur. Dia mengungkapkan berdasarkan data survei SMRC, Jatim merupakan salah satu basis massa bagi Ganjar. Selain itu, di wilayah itu suara Ganjar mengalahkan pasangan Anies-Muhaimin.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)