GMKI Minta Pembangunan IKN Nusantara Libatkan Generasi Muda Kalimantan

Jum'at, 22 September 2023 - 16:57 WIB
loading...
GMKI Minta Pembangunan IKN Nusantara Libatkan Generasi Muda Kalimantan
Presiden Jokowi meninjau progres pembangunan Istana Presiden di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. MPI
A A A
JAKARTA - Pjs. Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) GMKI Epafras Tuidano mendukung pemindahan dan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Dalam proses pembangunan IKN ini, PP GMKI dan seluruh civitas GMKI berkomitmen menjadi garda terdepan mengawal seluruh proses pelaksanaan pembangunan IKN ini.

“Kami Pengurus Pusat GMKI sangat mendukung pemindahan dan akselerasi pembangunan IKN di Kalimantan Timur,” ujarnya di Samarinda Jumat (22/9/2023).

Epafras menyampaikan di tengah proses percepatan pembangunan IKN ini, pemerintah harus tetap memperhatikan aspek lingkungan serta keterlibatan warga lokal. “Tidak kalah penting kami juga berharap agar keterlibatan warga lokal dalam proses pembangunan IKN dapat menjadi perhatian pemerintah,” katanya.



Selain itu, Epafras juga mengharapkan agar seluruh proses pembangunan ini tetap memperhatikan keterlibatan generasi muda khususnya para pemuda dari Kalimantan sehingga IKN menjadi ibu kota masa depan para pemuda Indonesia.

“Urgensi pemindahan Ibu Kota Negara merupakan wujud pemerataan pembangunan untuk menghadapi tantangan masa depan Indonesia yang sesuai dengan Visi Indonesia 2045 yaitu Indonesia Maju, ekonomi Indonesia akan masuk 5 besar dunia pada 2045,” ucapnya.



Pada tahun itu, diperkirakan PDB per kapita Indonesia sebesar USD23.119. Menurut Epafras pada 2036 diperkirakan Indonesia akan keluar dari middle income trap.

“Untuk mencapai itu dibutuhkan transformasi ekonomi yang didukung oleh hilirisasi industri dan pemanfaatan sumber daya manusia, infrastruktur, penyederhanaan regulasi, dan reformasi birokrasi yang dimulai dari 2020-2024,” jelas Epafras.

Oleh sebab itu, dibutuhkan IKN yang dapat mendukung dan mendorong transformasi ekonomi untuk mencapai cita-cita pada Visi Indonesia 2045. Selain itu, perlunya mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan merata bagi kawasan Indonesia Timur. Ibu Kota Negara diharapkan menjadi kota berkelas dunia dan merupakan kebanggaan semua rakyat Indonesia.

“IKN yang berlokasi di Kalimantan diharapkan menjadi pusat gravitasi ekonomi baru di Indonesia dan memberikan stimulus bertumbuhnya ekonomi di kawasan tengah dan timur Indonesia,” katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2178 seconds (0.1#10.140)