3 Panglima TNI Era Jokowi yang Pernah Duduki Jabatan KSAD, Siapa Saja?

Kamis, 21 September 2023 - 12:20 WIB
loading...
3 Panglima TNI Era Jokowi yang Pernah Duduki Jabatan KSAD, Siapa Saja?
Terdapat tiga Panglima TNI era Presiden Jokowi yang pernah menduduki jabatan KSAD. FoTo/MPI/ARIF JULIANTO
A A A
JAKARTA - Panglima TNI merupakan jabatan tertinggi dalam Tentara Nasional Indonesia yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden Indonesia. Sejak era pemerintahan Presiden Jokowi , ada lima perwira tinggi yang sudah menduduki jabatan tersebut.

Dari kelima perwira tinggi itu, berasal dari matra dan jabatan yang berbeda-beda. Namun, sebagian besar berasal dari TNI Angkatan Darat dengan jabatan sebelumnya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat ( KSAD ).

Berikut tiga Panglima TNI di era Presiden Jokowi yang sebelumnya menjabat sebagai KSAD.

Panglima TNI Era Jokowi yang Pernah Duduki Jabatan KSAD


1. Jenderal TNI Moeldoko

3 Panglima TNI Era Jokowi yang Pernah Duduki Jabatan KSAD, Siapa Saja?


Jenderal TNI Moeldoko merupakan panglima TNI yang sebelumnya menjabat sebagai KSAD. Dia menduduki pucuk kepemimpinan TNI menggantikan Jenderal TNI Agus Suhartono yang memasuki masa pensiun pada tahun 2013.

Moeldoko merupakan panglima TNI pertama yang berasal dari lulusan Akademi Militer tahun 1981. Selama menjabat sebagai panglima TNI, Moeldoko menghadapi berbagai tantangan, seperti penanganan konflik di Papua, operasi pembebasan sandera di Filipina, dan penegakan kedaulatan di perbatasan laut.



Moeldoko menjabat sebagai panglima TNI selama hampir dua tahun, hingga dia digantikan oleh Jenderal TNI Gatot Nurmantyo pada Juli 2015. Setelah pensiun dari TNI, Moeldoko memasuki dunia politik dan bisnis.

Namun sejak tahun 2018 lalu, Moeldoko ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia. Sebagai KSP, Moeldoko bertugas membantu presiden dalam mengkoordinasikan kinerja kementerian dan lembaga negara.

2. Jenderal TNI Gatot Nurmantyo

3 Panglima TNI Era Jokowi yang Pernah Duduki Jabatan KSAD, Siapa Saja?


Gatot Nurmantyo adalah seorang Jenderal TNI yang pernah menjabat sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia dari 8 Juli 2015 hingga 8 Desember 2017.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2332 seconds (0.1#10.140)