4 KSAD Peraih Adhi Makayasa, 2 di Antaranya Melenggang Jadi Panglima TNI

Rabu, 20 September 2023 - 09:53 WIB
loading...
4 KSAD Peraih Adhi Makayasa, 2 di Antaranya Melenggang Jadi Panglima TNI
Sejumlah nama Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) diketahui sebagai peraih Adhi Makayasa. Salah satunya Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah nama Kepala Staf TNI Angkatan Darat ( KSAD ) yang diketahui sebagai peraih Adhi Makayasa . Beberapa di antaranya juga sukses melenggang menjadi Panglima TNI di kemudian hari.

Adhi Makayasa merupakan penghargaan tahunan yang biasa diberikan bagi lulusan terbaik akademi TNI/Polri. Penilaiannya sendiri didasarkan pada sejumlah aspek, seperti akademis, jasmani, hingga kepribadian.

Banyak prajurit TNI yang menjadi lulusan terbaik angkatannya dan meraih penghargaan Adhi Makayasa. Dari sekian nama, beberapa di antaranya sukses meraih jabatan seperti Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD). Siapa sajakah mereka?

KSAD Peraih Adhi Makayasa


1. Jenderal TNI (Purn) Edi Sudrajat

4 KSAD Peraih Adhi Makayasa, 2 di Antaranya Melenggang Jadi Panglima TNI


Jenderal TNI (Purn) Edi Sudrajat merupakan salah seorang tokoh militer Indonesia. Dalam riwayatnya, dia pernah menempati banyak jabatan penting, termasuk Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) dan Panglima TNI.



Edi Sudrajat lahir di Jambi pada 22 April 1938. Dia menjadi lulusan terbaik Akademi Militer Nasional (AMN) 1960 dan berhak atas penghargaan Adhi Makayasa.

Edi Sudrajat pernah menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) pada periode 1988-1993. Waktu itu, dia menggantikan Jenderal TNI Try Sutrisno.

Hampir lima tahun menjabat KSAD, puncak karier militer Edi Sudrajat didapat ketika ditunjuk menjadi Panglima TNI. Posisi tersebut ditempatinya pada tahun 1993.

2. Jenderal TNI (Purn) Agustadi Sasongko Purnomo


Berikutnya ada nama Jenderal TNI (Purn) Agustadi Sasongko Purnomo. Melihat ke belakang, pria kelahiran 6 Agustus 1952 ini merupakan lulusan terbaik AKABRI 1974 dan menjadi penerima Adhi Makayasa.

Pada sepak terjangnya, telah banyak posisi strategis yang sempat didudukinya. Dari sekian banyak, salah satunya adalah Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) periode 2007-2009.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)