2 Panglima TNI yang Paling Lama Menjabat di Era Presiden Jokowi

Rabu, 20 September 2023 - 17:00 WIB
loading...
2 Panglima TNI yang Paling Lama Menjabat di Era Presiden Jokowi
Ada dua Panglima TNI yang menjabat cukup lama pada era Presiden Joko Widodo. Salah satunya Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat dua Panglima TNI yang menjabat cukup lama pada era Presiden Joko Widodo . Mereka adalah Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Joko Widodo terpilih sebagai Presiden RI pada tahun 2014 silam. Kala itu, Panglima TNI yang tengah menjabat adalah Jenderal TNI Moeldoko yang telah mengisi kursi tertinggi militer sejak tahun 2013.

Baru pada tahun 2015, terjadi pengangkatan Panglima TNI baru menggantikan Moeldoko yang pensiun. Jenderal Gatot Nurmantyo yang saat itu terpilih secara langsung dilantik oleh Presiden Jokowi. Ini juga menjadi pertama kali bagi Presiden Jokowi melantik seorang Panglima.



Tercatat, sampai saat ini ada empat Panglima TNI yang menjabat di era Joko Widodo. Namun, di antara mereka hanya dua Panglima yang memiliki masa jabatan cukup lama, mengingat Jenderal Andika hanya setahun menjabat. Sementara Laksamana Yudo Margono akan memasuki usia pensiun pada akhir tahun 2023.

2 Panglima TNI yang Paling Lama Menjabat di Era Jokowi


1. Jenderal TNI Gatot Nurmantyo

2 Panglima TNI yang Paling Lama Menjabat di Era Presiden Jokowi


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Gatot Nurmantyo jadi Panglima TNI pertama yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 8 Juli 2015. Sebelumnya dia merupakan Kepala Staf Angkatan Darat yang menjabat sejak tahun 2014.

Gatot Nurmantyo menjabat sebagai Panglima TNI hingga memasuki masa pensiun pada 8 Desember 2017. Terhitung dirinya telah menjabat sebagai Panglima selama lebih dari dua tahun.



Pria kelahiran 13 Maret 1960 ini telah menduduki berbagai jabatan strategis di TNI AD selain sebagai KSAD, seperti Pangkostrad pada tahun 2013, Pangdam V/Brawijaya di 2010, hingga Gubernur Akmil tahun 2009.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1150 seconds (0.1#10.140)