Selamat Ulang Tahun ke-75 Wapres Jusuf Kalla

Senin, 15 Mei 2017 - 08:34 WIB
Selamat Ulang Tahun ke-75 Wapres Jusuf Kalla
Selamat Ulang Tahun ke-75 Wapres Jusuf Kalla
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) tepat hari ini, Senin (15/5/2017), memasuki usia 75 tahun. Sosok yang bernama lengkap Muhammad Jusuf Kalla ini, lahir di Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada 15 Mei 1942.

JK merupakan anak ke-2 dari 17 bersaudara yang lahir dari pasangan Haji Kalla dan Athirah, pengusaha keturunan Bugis yang memiliki bendera usaha Kalla Group.

Bisnis keluarga Kalla tersebut meliputi beberapa kelompok perusahaan di berbagai bidang industri. Di Makassar, JK dikenal akrab disapa oleh masyarakat dengan panggilan Daeng Ucu.

Mengingat usianya yang sudah 75 tahun, perjalanan karier politik JK sangatlah panjang. JK pernah menjabat sebagai menteri di era pemerintahan Abdurrahman Wahid (Presiden RI yang ke-4 atau Gus Dur, tetapi diberhentikan.

Ternyata setelah diberhentikan di era Presiden Gus Dur, bintang JK tidak meredup. Dia kembali diangkat sebagai Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat di bawah pemerintahan Megawati Soekarnoputri (Presiden RI yang ke-5).

JK kemudian mengundurkan diri sebagai menteri karena maju sebagai calon wakil presiden (cawapres), mendampingi calon presiden (capres) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sampai akhirnya Daeng Ucu resmi menjabat wapres, mendampingi Presiden SBY, untuk periode 2004/2009.

Pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009, JK memutuskan untuk menjadi capres dan menggandeng Wiranto sebagai cawapresnya. Namun JK dinyatakan kalah dalam pilpres ini.

Politikus Partai Golkar sekaligus mantan Ketua Umum Golkar ini pun kembali menjadi wapres di era Presiden Joko Widodo (Jokowi). JK terpilih kembali menjadi Wapres untuk periode 2014-2019.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7987 seconds (0.1#10.140)