HT: Bangun Infrastruktur Desa, Ciptakan Lapangan Kerja

Selasa, 09 Mei 2017 - 01:10 WIB
HT: Bangun Infrastruktur Desa, Ciptakan Lapangan Kerja
HT: Bangun Infrastruktur Desa, Ciptakan Lapangan Kerja
A A A
PURWAKARTA - Chairman dan CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) mengikuti sharing session dengan kepala desa (kades) se-Jawa Barat di Purwakarta, Jawa Barat, Senin (8/5/2017). Dihadapan ribuan kades yang hadir HT menuturkan tantangan ke depan adalah menciptakan lapangan kerja. Sebab pesatnya pertumbuhan penduduk tak diimbangi dengan tersediannya lapangan kerja.

“Kita bangun desa supaya maju. Kalau sekitar 5.000 desa di Jabar maju, Jabar pasti maju,” kata Hary Tanoesoedibjo saat saat sharing session dengan kades se-Jawa Barat di Purwakarta, Jawa Barat, Senin (8/5/2017).

“Bangun infrastruktur agar investasi masuk, sehingga lapangan kerja terbuka,” ungkapnya. Dia merinci infrastruktur desa yang harus dibangun diantaranya jalan, air, listrik, hingga jaringan internet.

Internet, lanjutnya penting untuk komunikasi dan informasi. Dengan internet yang baik jalannya pemerintahan, usaha bisa lebih maksimal. Internet juga bisa dimanfaatkan untuk media pendidikan atau belajar.

Selain itu, “Desa bisa memiliki bank desa untuk memfasilitasi masyarakatnya dana murah. Dari dan untuk masyarakat desa,” ungkap HT.

Dengan adanya bank desa, petani, nelayan, UMKM akan bertumbuh. Selama ini, salah satu permasalahan mereka kesulitan modal untuk berkembang. Malah seringkali terjerat utang rentenir berbunga tinggi.

Selain itu HT menuturkan pentingnya pendidikan. Lulusan perguruan tinggi di Indonesia saat ini baru sekitar 11%-12% jauh tertinggal dibanding negara lain.

“Bangun pendidikan desa, lulusan perguruan tinggi kita kurang karena biaya. Purwakarta bisa jadi pelopor pendidikan online berbiaya murah,” ungkapnya

Melalui online, masyarakat bisa mengikuti pendidikan perguruan tinggi yang berbiaya murah. Tidak hanya biaya pendidikannya namun juga menghemat biaya lainnya misalnya saja seperti transportasi, tempat tinggal dan lain sebagainnya. Bila jaringan internet menyebar ke seluruh desa, maka pendidikan bisa menjangkau lebih banyak masyarakat.

Selain itu masyrakat juga membutuhkan pelatihan-pelatihan agar bisa lebih produktif. Dengan lebih produktif kesejahteraan akan lebih baik.

“Masyarakat ingin maju tapi tidak mengerti caranya. Harus ada pelatihan, baik untuk petani, nelayan, UMKM,” ungkapnya.

Pada kesempatan tesrebut HT menuturkan pentingnya memiliki pemimpin yang bisa memajukan daerah. Purwakarta sendiri, lanjut HT, menunjukan pembangunan yang baik di bawah kepemimpinan Dedi Mulyadi.

“Kita harus memilih pemimpin yang bisa memajukan daerah, punya kredibilitas, kapasitas, mengerti permasalahan daerahnya,” ungkap HT.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3846 seconds (0.1#10.140)