Buka Festival LIKE, Mensesneg: Selamatkan Lingkungan dan Wujudkan Kesejahteraan Rakyat

Sabtu, 16 September 2023 - 19:18 WIB
loading...
Buka Festival LIKE, Mensesneg: Selamatkan Lingkungan dan Wujudkan Kesejahteraan Rakyat
Menteri LHK Siti Nurbaya, Mensesneg Pratikno serta Menkop UKM Teten Masduki membuka Festival LIKE di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya serta Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki membuka Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan dan Energi Baru Terbarukan (Festival LIKE). Festival tersebut diselenggarakan di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Pratikno menyampaikan apresiasi kepada Menteri LHK Siti Nurbaya atas penyelenggaraan Festival LIKE. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momentum bersama dalam menghadapi permasalahan lingkungan yang terjadi. "Beberapa hari yang lalu kita merasakan polusi udara di Jakarta dan di daerah banyak kekeringan. Kita harus memecahkan masalah, dan ini menjadi momentum bagi kita," ujar Pratikno, Sabtu (16/9/2023).

Pratikno kemudian mengajak para pebisnis yang hadir dalam pembukaan festival LIKE ini untuk bersama-sama menyelamatkan lingkungan dan pada saat bersamaan bisa menyejahterakan masyarakat.



Dalam kesempatan itu, Menteri Pratikno, Menteri Siti Nurbaya dan Menteri Teten Masduki juga melakukan telekonferensi bersama para pegiat lingkungan yaitu pengelola bank sampah di beberapa tempat di Indonesia. Para pengelola bank sampah dengan antusias berdialog dan menjelaskan kegiatannya dalam memilah sampah dan mengelola bank sampahnya.

Ketiga menteri didampingi para pejabat KLHK dan tamu undangan kemudian melakukan peninjauan pameran Festival LIKE yang dilangsungkan di lantai 2, Gedung Indonesia Arena. Penyelenggaraan Festival LIKE yang digelar selama tiga hari mulai 16-18 September 2023 ini ditargetkan akan menarik lebih dari 25.000 orang pengunjung baik dari masyarakat umum maupun semua elemen masyarakat yang bekerja dalam aktivitas lingkungan, iklim, kehutanan dan energi baru terbarukan. Termasuk kelompok masyarakat, dunia usaha, akademisi, aktivis pendamping, LSM dan aparat daerah.



Dalam Festival LIKE ini, lebih dari 16.000 orang akan hadir sebagai peserta pada acara puncak yang berlangsung pada Senin, 18 September 2023 yang rencananya dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Berbagai kegiatan akan dilaksanakan pada Festival LIKE ini, seperti talkshow, pameran, coaching klinik, demo inovasi, sellers meet buyers, perlombaan, pertunjukan seni budaya dan pertunjukan musik serta "Gowes Bareng" 3.000 orang dalam wadah Bike To Work dari berbagai penjuru Jabodetabek menuju Indonesia Arena pada tanggal 16 September 2023.

Kegiatan talkshow akan dilaksanakan pada 16 dan 17 September di masing-masing zona, dengan jumlah sesi talkshow yaitu sebanyak 31 sesi. Begitu juga halnya dengan coaching klinik dilaksanakan di masing-masing zona. Selanjutnya Festival LIKE juga telah menyiapkan 30 tema substansi untuk kegiatan coaching clinic, yang diharapkan dapat membantu memberikan konsultasi gratis bagi masyarakat umum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1357 seconds (0.1#10.140)