Resmikan Gedung Wargaming System Seskoad, KSAD: Pengembangan Taktik Bertempur!

Kamis, 14 September 2023 - 16:19 WIB
loading...
Resmikan Gedung Wargaming System Seskoad, KSAD: Pengembangan Taktik Bertempur!
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman meresmikan Wargaming System atau Pusat Olah Yudha di Seskoad, Bandung, Jawa Barat. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman meresmikan Wargaming System atau Pusat Olah Yudha di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) Bandung, Jawa Barat.

“Perlu adanya perubahan dan pengembangan sistem pendidikan dan latihan di tingkat Seskoad. Sebab, pada era perang modern saat ini dibutuhkan perangkat teknologi militer yang dapat diawaki oleh personel yang juga mumpuni di bidang teknologi,” kata Dudung, Kamis (14/9/2023).

Dudung menuturkan, doktrin pertempuran dan latihan saat ini telah bertransformasi menjadi taktik pertempuran perang kota yang membutuhkan daerah latihan. Sehingga, perlu adanya penyesuaian terkait hal tersebut. “Ke depan, kita harus update. Kita juga harus melakukan pengembangan taktik bertempur yang disesuaikan dengan doktrin pertempuran TNI AD,“ ujar Dudung.

Terkait dengan visi tersebut, Dudung berharap, agar Seskoad sebagai penyelenggara pendidikan dan pengembangan umum tertinggi di TNI AD, mampu menyesuaikan dirinya dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan latihan para perwira siswanya.



Wargaming System merupakan sistem aplikasi dengan komponen besar yang terhubung satu sama lain, dan menginduk pada server dalam pengolahan data. Di mana seluruh materi latihan untuk menyusun dan melakukan simulasi skenario rencana operasi militer, sesuai dengan doktrin serta proses pengambilan keputusan militer, sudah terkumpul menjadi satu dalam server tersebut.

Sebagai sarana latihan, hampir semua komponen dalam Wargaming System Seskoad ini diperuntukkan untuk seluruh prajurit TNI AD. Selain itu juga, terdapat beberapa modul yang dapat digunakan oleh instruktur. Semua modul tersebut terpusat di server yang berisi data karakteristik dari semua peralatan simulasi.

Dengan adanya aplikasi Wargaming System ini, selain dapat meningkatkan profesionalisme prajurit di era modern seperti saat ini, baik selama pendidikan maupun di satuan kerja, juga dapat berfungsi untuk mendukung pengujian terhadap doktrin, taktik dan strategi secara lebih efektif dan efisien. Wargaming System diprediksi dapat meningkatkan kemampuan prajurit TNI AD, karena didukung dengan teknologi terkini, serta dikontrol penuh dengan sistem komputer canggih.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)