Dekat dengan Jokowi Bikin Erick Thohir Miliki Magnet Elektoral yang Besar

Minggu, 10 September 2023 - 12:11 WIB
loading...
Dekat dengan Jokowi Bikin Erick Thohir Miliki Magnet Elektoral yang Besar
Menteri BUMN Erick Thohir memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi. Hal tersebut membuat Erick Thohir memiliki magnet elektoral yang sangat besar. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir memiliki kedekatan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal tersebut membuat Erick Thohir memiliki magnet elektoral yang sangat besar.

"Karena kedekatan dengan Jokowi ini. Kemudian jadi prefensi publik yang menebalkan keyakninan publik bahwa Erick Thohir adalah sosok menjadi memiliki magnet elektoral," kata Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno.

Magnet elektoral Erick Thohir terlihat dari berbagai hasil survei yang menunjukkan elektabilitas tinggi sebagai cawapres. Misalnya pada survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) bulan Agustus yang memperlihatkan elektabilitas Erick Thohir berada di angka 15,9 persen.

Hasil yang tidak jauh berbeda juga terlihat dari survei Voxpol Center periode 24 Juli hingga 2 Agustus 2023. Eks Presiden Inter Milan itu meraih elektabilitas tertinggi dengan raihan sebesar 34,3 persen.

Melihat itu semua menjadikan Erick Thohir sebagai Cawapres yang paling direbutkan oleh siapa saja. Baik itu Capres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto maupun Capres PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo.

Sebab, elektabilitas Erick Thohir memiliki daya ungkit elektoral yang cukup besar. Hal tersebut dinilai dapat membantu dalam meraih kemenangan di Pilpres 2024 mendatang.

"Jadi dipasangkan dengan siapapun dengan Prabowo atau Ganjar elektabilitas bisa naik signifikan," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)