Jokowi Ungkap ASEAN Akan Lanjutkan Upaya Indonesia Bantu Selesaikan Konflik Myanmar

Kamis, 07 September 2023 - 21:34 WIB
loading...
Jokowi Ungkap ASEAN Akan Lanjutkan Upaya Indonesia Bantu Selesaikan Konflik Myanmar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa ASEAN akan melanjutkan upaya Indonesia dalam membantu menyelesaikan konflik di Myanmar. Foto/Riana Rizkia
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengungkapkan bahwa ASEAN akan melanjutkan upaya Indonesia dalam membantu menyelesaikan konflik di Myanmar. Terlebih, kata Jokowi, Indonesia telah menyampaikan lima langkah untuk atasi konflik tersebut.

"ASEAN akan terus melanjutkan upaya Indonesia melalui keketuaannya telah menyampaikan lima langkah ASEAN untuk membantu Myanmar," kata Jokowi di JCC Senayan Jakarta, Kamis (7/9/2023).

Salah satu langkah ASEAN, kata Jokowi, adalah dengan membentuk mekanisme Troika yang terdiri dari Menteri Luar Negeri (Menlu)/Utusan Khusus Kamboja, Menlu Brunei dan Menlu Indonesia, serta didukung Sekjen ASEAN untuk memonitor implementasi lima poin konsensus terkait konflik Myanmar.





Jokowi menuturkan, negara ASEAN berperan untuk tidak menciptakan konflik dan ketegangan baru, guna menjaga perdamaian. "Di forum memang saya sampaikan setiap pemimpin yang hadir punya tanggung jawab yang besar untuk tidak menciptakan konflik baru untuk tidak menciptakan ketegangan baru," katanya.

"Dan di saat yang sama kita punya tanggung jawab menurunkan tensi yang panas untuk mencairkan suasana yang beku, untuk menciptakan ruang dialog," sambungnya.

Menurutnya, dunia membutuhkan jangkar yang mampu menempatkan diri sebagai penetral dan rumah yang aman. "Dan saya bisa pastikan bahwa sampai saat ini ASEAN telah berada pada track yang benar untuk bisa menjalankan peran tersebut, menjadi kontributor stabilitas dan perdamaian, serta menjadi epicentrum of growth," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1788 seconds (0.1#10.140)