Saksikan di Konspirasi Prabu, Ridwan Kamil Blak-Blakan Bicara Langkah Politik Selanjutnya

Kamis, 07 September 2023 - 19:52 WIB
loading...
Saksikan di Konspirasi Prabu, Ridwan Kamil Blak-Blakan Bicara Langkah Politik Selanjutnya
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berbincang dengan Prabu Revolusi dalam acara Konspirasi Prabu. FOTO/MPI/ERVAN DAVID
A A A
JAKARTA - Ridwan Kamil baru saja mengakhiri masa jabatannya selama 5 tahun menjadi Gubernur Jawa Barat pada Selasa, 5 September 2023. Pria yang karib disapa Kang Emil tersebut bercerita dapat banyak hal tentang pengalaman, pembelajaran, dan kepemimpinan.

Bahkan, Ridwan Kamil mengutarakan hal apa yang akan dia lakukan setelah satu periode menjabat sebagai orang nomor 1 di Tanah Pasundan tersebut.

RK, sapaan lain Ridwan Kamil, berencana membuat yayasan yang bergerak dalam kemanusiaan dan kepemimpinan. Kang Emil juga akan kembali fokus sebagai arsitek profesional.



"Jadi sekarang lagi berpikir untuk membuat yayasan tentang dua hal, kemanusiaan, dan kepemimpinan. Karena banyak orang yang ingin ikut saya untuk nolong orang bikin acara daripada satu satu mending diorganisasikan selama tujuannya untuk memperluas kebaikan saya dukung," kata Ridwan Kamil.

Dalam program Konspirasi Prabu, Ridwan Kamil juga menceritakan hal terberat yang dia rasakan saat tengah memimpin Jawa Barat. Kehilangan sang putra Emmeril Khan Mumtadz (Eril) yang meninggal secara tragis di Swiss menjadi hal terberat yang diakui Kang Emil.

Bagaimana tidak, Kang Emil kehilangan putra pertamanya tersebut saat dirinya tengah menjalani tugas negara sebagai gubernur. Waktu menjadi hal yang sangat berharga baginya saat itu.



"Ada satu momen paling berat, saya memeluk Mak Cik sepulang dari Swiss waktu melaporkan kehilangan Eril. Itu selama berhari-hari mencari anak saya butuh sebuah tempat d imana saya bisa mencurahkan kesedihan," kata Kang Emil.

"Dan itu hanya ada di pelukan ibu setelah meluk Mak Cik takdir tidak bisa berubah tapi batin sudah sangat sangat kuat. Ujian terbesar dalam hidup sudah saya lalui. Kalau kehilangan orang tua mental kita siap, kehilangan pasangan kita sedih tapi mental kita sudah siap-siap. tapi kalau kehilangan anak itu tidak pernah siap."

Kang Emil juga banyak menceritakan orang-orang yang sangat berpengaruh dalam karier politiknya. Terutama sang ibu yang kerap dia panggil Mak Cik. Simak obrolan lengkap Prabu Revolusi dan Ridwan Kamil dalam program Konspirasi Prabu yang tayang di YouTube Sindonews.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)