Sikap Dewan Pers terkait Berita Hoaks Sudirman Said

Rabu, 06 September 2023 - 23:18 WIB
loading...
Sikap Dewan Pers terkait Berita Hoaks Sudirman Said
Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu bersama Ketua Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Dewan Pers Yadi Hendriana. Foto: Dok MPI
A A A
JAKARTA - Berdasarkan laporan dari masyarakat dan temuan Dewan Pers , ada pemberitaan di sejumlah media yang mengunggah pernyataan Sudirman Said (SS), juru bicara Bacapres Anies Baswedan terkait alasan Anies menolak Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai bacawapresnya.

Berita tersebut ternyata hoaks karena Sudirman Said tidak pernah membuat pernyataan apa pun terkait hal itu untuk media.



Dewan Pers telah melakukan klarifikasi ke sejumlah media terkait pada Rabu, 6 September 2023. “Dalam klarifikasi yang dihadiri media-media terkait, Dewan Pers menemukan tidak ada proses klarifikasi dan verifikasi serta upaya uji informasi yang dilakukan media-media itu,” ujar Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, Rabu (6/9/2023).

Meskipun demikian, pada saat yang sama Dewan Pers mengapresiasi setinggi-tingginya terhadap media yang segera mencabut berita tersebut disertai permintaan maaf kepada SS dan pembaca. Hal ini menunjukkan kesadaran dan ketaatan media terhadap Kode Etik Jurnalistik (KEJ), khususnya Pasal 10 KEJ.

Dewan Pers ingin mengingatkan bahwa di tahun politik ini banyak informasi hoaks, tidak akurat, direkayasa, berseliweran, dan menyasar media. “Karena itu, media wajib meningkatkan kehati-hatian agar tidak berpotensi disusupi hoaks demi menjaga marwah kemerdekaan pers,” katanya.

Dewan Pers untuk kesekian kalinya menyerukan kepada seluruh jajaran pers senantiasa mematuhi UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, kode etik jurnalistik, peraturan, dan pedoman Dewan Pers lainnya.

“Kami mengimbau masyarakat ataupun tokoh masyarakat untuk berhati-hati dalam menyampaikan informasi kepada media. Dari kasus ini kutipan berasal dari nomor HP 0811 XXX 94X yang ternyata bukan nomor Sudirman Said,” ujar Ninik.

Dewan Pers juga mengajak seluruh insan dan lembaga Pers serta masyarakat bersama-sama menjaga proses demokrasi berjalan baik.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2026 seconds (0.1#10.140)