Latgab, Pasukan TNI dan Militer AS Dalami Teknik Ambush atau Penyergapan

Rabu, 06 September 2023 - 14:41 WIB
loading...
Latgab, Pasukan TNI dan Militer AS Dalami Teknik Ambush atau Penyergapan
Pasukan TNI mengikuti latgab bertajuk Super Garuda Shield (SGS) 2023 bersama pasukan AS, Singapura, dan Jepang di Bengko Alas, Sopet Jangkar Situbondo, Jawa Timur. Foto/Istimewa
A A A
SITUBONDO - Pasukan TNI mengikuti latihan gabungan (latgab) bersama bertajuk Super Garuda Shield (SGS) 2023. Latgab yang digelar di Bengko Alas, Sopet Jangkar Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (2/9/2023) ini, diikuti pasukan Amerika Serikat (AS), Singapura, dan Jepang.

Kabidpeninter Puspen TNI Kolonel Arm Suhendro mengatakan, teknik dan taktik tempur yang didalami dalam latgab kali ini adalah latihan ambush atau penyergapan.



Menurutnya, ambush adalah teknik pengadangan atau serangan yang dilakukan secara mendadak yang dilancarkan dari posisi yang tersembunyi, tersamar terhadap sasaran yang bergerak atau berhenti sementara.

"Teknik ambush ini awalnya diterapkan saat pelaksanaan patroli di hutan, tapi dengan berubahnya metode atau sistem pertempuran di era modern, ambush juga bisa diaplikasikan dalam pertempuran di perkotaan," kata dia dalam keterangannya, Rabu (6/9/2023).

Dia menambahkan, latihan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka meningkatkan kemampuan dan profesionalisme serta mempertajam naluri bertempur personel dari negara-negara peserta SGS 2023.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2124 seconds (0.1#10.140)