Ganjar Pranowo Tekankan Pentingnya Royalti dan Wadah Bagi Seniman

Minggu, 03 September 2023 - 05:01 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Tekankan Pentingnya Royalti dan Wadah Bagi Seniman
Bacapres Ganjar Pranowo bertemu dengan para seniman di Klaten, Jawa Tengah. Foto/MPI
A A A
KLATEN - Bakal Calon Presiden (Bacapres) yang didukung Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Ganjar Pranowo kerap kali bertemu dengan para seniman. Pertemuan itu dimanfaatkan seniman untuk menyampaikan unek-uneknya.

"Beberapa bulan terakhir saya bicara dengan para seniman cukup banyak termasuk seniman modern. Para seniman modern itu berkeluh kesah kepada saya, satu mereka yang pintar nyanyi, desainer, film makers, dan semua terkait dengan dunia hiburan," kata Ganjar di Joglo Saestu, Kabupaten Klaten, Sabtu (2/9/2023).

Menurut Ganjar, ketika sebuah karya yang bagus dan digunakan banyak orang, tapi seniman pembuatnya justru tidak mendapatkan royalti. Hal itu dianggap sebagai masalah besar bagi Ganjar. "Keluhan pertama adalah ketika mereka bisa menciptakan (karya), mereka tidak mendapatkan royalti, ini problem dan saya ketemu artis-artis itu ketika mereka sudah sepuh, karyanya sangat terkenal, hidupnya susah," tutur Ganjar



Selain itu, menurut Ganjar banyak seniman Indonesia yang mempunyai kemampuan yang mumpuni. Namun sayang tidak ada wadah yang disediakan untuk mengembangkan kemampuan tersebut. "Berikutnya, bagaimana para seniman seniman hebat itu perlu wadah maka Mas Nanang terima kasih Joglonya dipersembahkan untuk seni dan budaya, ini akan menjadi wadah," katanya.

"Saya di podcast kemarin sama Pak Rhenald Kasali dia menyampaikan banyak seniman hebat, desainer hebat, orang orang creative yang hebat tapi tidak bisa terkenal sehingga tidak punya nilai ekonomi dari karyanya karena tidak punya galeri," sambung Ganjar.



Menurutnya dua hal itu menjadi catatan penting untuk dilakukan perbaikan, agar para seniman dapat terus melahirkan karya-karya terbaiknya. Selain itu banyakanya pergelaran seni yang digelar juga menjadi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Sebagai informasi, Ganjar menghadiri peresmian Joglo Saestu di Klaten, Jawa Tengah. Joglo Saestu merupakan tempat pagelaran budaya. Kedatangan Ganjar di lokasi disambut meriah oleh ratusan warga yang hadir. Terdengar teriakan warga yang mendoakan Ganjar agar menjadi presiden di 2024.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)