Menakar Dampak Manuver Nasdem dan Cak Imin bagi Koalisi Prabowo, Ganjar, dan Anies?

Jum'at, 01 September 2023 - 16:16 WIB
loading...
Menakar Dampak Manuver Nasdem dan Cak Imin bagi Koalisi Prabowo, Ganjar, dan Anies?
Bakal calon presiden Anies Baswedan dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies (IPS) Nyarwi Ahmad menilai manuver Partai Nasdem yang kemungkinan besar membuka peluang Muhaimin Iskandar ( Cak Imin ) sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan sangat potensial menimbulkan gempa politik yang cukup besar. Menurut dia, tidak hanya dalam blok Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), namun juga di blok koalisi partai-partai pengusung Prabowo Subianto.

Meski demikian, lanjut dia, kecil kemungkinan KPP ataupun blok-blok koalisi lainnya, khususnya blok koalisi yang dinakhodai oleh Partai Gerindra dan blok koalisi yang dinakhodai oleh PDIP akan bubar. “Kemungkinan terbesar yang ada di masing-masing blok koalisi tersebut, hanya perubahan komposisi partai-partai pendukungnya saja,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/9/2023).

Dia mengatakan, jika Partai Demokrat lepas dari KPP, ada kemungkinan akan mencari mitra koalisi lainnya yang lebih menjanjikan untuk memberikan tiket cawapres. Dia melanjutkan, jika Sandiaga Uno peluangnya kecil untuk mendapatkan tiket cawapres tandem Ganjar Pranowo, bisa juga akan mendorong PPP untuk mencari mitra koalisi dari partai-partai lainnya yang bisa menawarkan tiket cawapres atau bahkan capres.





“Bahkan masih terbuka peluangnya untuk bersama-sama dengan Partai Demokrat membangun blok koalisi baru. Meski keduanya masih belum aman memenuhi syarat presidential threshold. Namun, kemungkinan ini masih terbuka untuk terjadi,” tutur Dosen Komunikasi Politik Fisipol UGM ini.

Dia mengatakan, Nasdem merupakan partai pertama yang menggagas KPP, yang kemudian mengundang PKS dan Partai Demokrat bergabung hingga selanjutnya dideklarasikan bersama melalui piagam koalisi. Menurut dia, peluang PKB bergabung ke Koalisi Perubahan yang diinisiasi Nasdem sangat terbuka.

Apalagi, ujar dia, jika Cak Imin mendapatkan tawaran tiket cawapres dari Nasdem dan Anies Baswedan. “Ini tentu membawa konsekuensi politik lanjutan. Jika Cak Imin (PKB) benar-benar gabung ke Nasdem mengusung Anies, maka sangat besar peluangnya terjadi perubahan komposisi blok koalisi partai-partai kubu Prabowo (Gerindra dkk) dan juga blok koalisi perubahan dan persatuan (KPP) sendiri,” katanya.



Dia berpendapat, manuver Cak Imin ini mengguncang dua blok koalisi sekaligus, koalisi partai-partai pendukung Prabowo dan sekaligus partai-partai yang selama ini menominasikan Anies sebagai capres. Dia menuturkan, jika mengacu pada data survei yang sudah dirilis oleh lembaga-lembaga survei kredibel, elektabilitas Anies masih tertinggal cukup jauh dari Prabowo maupun Ganjar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1098 seconds (0.1#10.140)