10 Pj Gubernur Termasuk Bey Machmudin dan Nana Sudjana Segera Dilantik

Jum'at, 01 September 2023 - 13:37 WIB
loading...
10 Pj Gubernur Termasuk Bey Machmudin dan Nana Sudjana Segera Dilantik
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Bey Machmudin sebagai Pj Gubernur Jawa Barat, dan Nana Sudjana sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah. Foto/Dok Setpres dan istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) telah memutuskan 10 penjabat (Pj) gubernur untuk 10 provinsi yang masa jabatannya berakhir pada September 2023. Hal tersebut dibenarkan oleh Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin.

"Ya (benar), kemarin diputuskan. Presiden memimpin langsung," kata Ngabalin kepada wartawan, Jumat (1/9/2023).

Ngabalin mengatakan, pelantikan 10 Pj Gubernur tersebut akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Pelantikan akan dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.



"Ini kan masing-masing gubernur kan ada yang tanggal lima, ada yang tanggal segini, ada yang tanggal segitu, nanti akan diputuskan. Dan mereka beliau-beliau akan dilantik dengan waktu yang tidak terlalu lama, karena akan akan dilantik segera oleh menteri dalam negeri atas nama presiden," kata Ngabalin.

Ngabalin berharap para Pj yang akan dilantik tersebut dapat menyelesaikan tugas-tugas gubernur sebelumnya. Ngabalin berharap, para Pj tersebut dapat menyiapkan Pemilu 2024 dengan baik.

"Diharapkan supaya sisa waktu ini betul-betul bapak-bapak itu bisa bekerja menyelesaikan sisa waktu dan menyiapkan pemilu serentak dengan baik di masing-masing provinsi," kata Ngabalin.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Jokowi menunjuk Bey Machmudin sebagai Pj Gubernur Jawa Barat, Nana Sudjana sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah, dan Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya.

Penunjukan Pj tersebut berdasarkan hasil rapat Tim Penilai Akhir (TPA) dan diputuskan Jokowi pada Kamis (31/8/2023) sore. Bey Machmudin merupakan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Sedangkan Nana Sudjana sebelumnya menjabat sebagai Inspektur Utama Sekretariat Jenderal DPR RI. Selain Bey dan Nana, Presiden Jokowi juga telah menunjukan delapan orang lainnya untuk mengisi Pj Gubernur pada delapan provinsi lain.

Mereka yakni Hasanudin ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sumut, Sang Mahendra Jaya ditunjuk sebagai Pj Gubernur Bali, Ridwan Rumasukun ditunjuk sebagai Pj Gubernur Papua, Ayodhia Kalake ditunjuk sebagai Pj Gubernur NTT, Lalu Gita Ariadi ditunjuk sebagai Pj Gubernur NTB, Harrison Azroi ditunjuk sebagai Pj Gubernur Kalimantan Barat, Andap Budhi ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, dan Bachtiar Baharuddin ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sulawesi Selatan.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1520 seconds (0.1#10.140)