Pull Political Marketing Perindo

Rabu, 30 Agustus 2023 - 17:04 WIB
loading...
Pull Political Marketing Perindo
Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Foto/SINDOnews
A A A
Hari Eko Purwanto M.I.Kom.

Dosen Komunikasi Politik
FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta

PARTAI politik (parpol) sebagai pilar negara menjadikannya penghubung aspirasi masyarakat, berbagai program yang ditawarkan oleh setiap partai menjadikan parpol sebagai sarana masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengelolaan negara. Indonesia sebagai negara demokratis membutuhkan parpol sebagai alat penting untuk mendapatkan kekuasaan dan menjamin kesejahteraan rakyatnya.

Parpol dibutuhkan sebagai proses politik dalam menjalankan kekuasaan seperti pemerintahan eksekutif, legislatif maupun lembaga lainnya yang berhubungan dengan negara. Fungsi parpol sangatlah penting serta strategis dalam memberikan pengaruh bagi kepentingan sebuah negara.

Berbagai langkah, cara serta strategi yang digunakan oleh parpol ditujukan untuk meraih kepercayaan publik dan mendapat perhatian serta empati dalam menjulang suara pada setiap pemilihan umum. Sedangkan kepercayaan publik semakin menurun akibat politisi dan parpol yang selalu membicarakan urusan kekuasaan dalam merebut atau mempertahankanya.

Memang betul sejatinya tujuan parpol untuk mencapai tujuan partainya adalah dengan merebut kekuasaan. Akan tetapi masyarakat menganggap parpol seperti itu adalah yang lemah secara institusionalisme.

Perindo dalam memberikan kepercayaan kepada masyarakat serta menjulang eksistensinya sebagai sebuah partai yang harus tetap bertahan demi mewujudkan visinya adalah dengan memberikan berbagai informasi mengenai tujuan partai, program serta kegiatan nyata bagi masyarakat yang banyak disalurkan di platform media, media sebagai alat penghubung masih digunakan untuk menyebarluaskan pesan secara masif kepada publik yang luas dan heterogen.

Terpaan media masih menjadi strategis dalam mengubah persepektif publik tentang suatu hal, yakni parpol beserta politisi partainya, saluran media yang digunakan Perindo dapat dinilai efektif apabila ada skala ukuran dalam mencapai popularitasnya sebagai parpol. Alhasil, upaya penyebarluasan partai Perindo menjadi top of mind masyarakat akibat pemutaran tayangan mars Perindo secara masif melalui televisi, radio dan media MNC lainnya.

Selain itu, awareness yang dibangun Perindo melalui berbagai siaran media dinilai berhasil meningkatkan popularitas Perindo dari sejak berdirinya menjadi lebih dikenal oleh masyarakat. Itu merupakan bagian upaya yang dilakukan dalam pemasaran politik.

Pull Political Marketing Perindo sebagai aktivitas partai dalam memberikan berbagai informasi politik yang dibutuhkan masyarakat atas perhatian dan ketertarikan publik tertentu melalui penggunaan media dapat dinilai cukup berhasil dengan dua variable yang coba dikemukakan, pertama media sosial dan promosi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)