Buka Muktamar Sufi Internasional 2023, Jokowi: Buktikan Islam Indonesia Tidak Lagi Berada di Pinggiran

Selasa, 29 Agustus 2023 - 13:47 WIB
loading...
Buka Muktamar Sufi Internasional 2023, Jokowi: Buktikan Islam Indonesia Tidak Lagi Berada di Pinggiran
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembukaan Muktamar Sufi Internasional tahun 2023 di Pekalongan, Jawa Tengah pada hari ini, Selasa (29/8/2023). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembukaan Muktamar Sufi Internasional tahun 2023 di Pekalongan, Jawa Tengah pada hari ini, Selasa (29/8/2023).

Jokowi mengatakan bahwa pelaksanaan Muktamar tersebut sangat penting bagi Indonesia. Sebab, katanya akan membuat Indonesia semakin dikenal sebagai contoh Islam moderat.



"Dan pelaksanaan Muktamar ini sangat penting bagi Indonesia akan membuat Indonesia semakin dikenal sebagai contoh Islam moderat, akan meningkatkan kepercayaan dunia terhadap Indonesia dan membuat Indonesia semakin diperhitungkan," ujar Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (29/8/2023).

Jokowi menjelaskan bahwa pelaksanaan Muktamar tersebut juga punya arti yang sangat penting bagi Indonesia. Arti penting itu membuktikan Islam Indonesia, kata Jokowi, tidak lagi berada di pinggiran.

"Membuktikan bahwa Islam Indonesia tidak lagi berada lagi di pinggiran tetapi punya peran yang sangat strategis berkontribusi untuk membangun peradaban dunia yang damai dan harmonis," jelasnya.

Muktamar ini, kata Jokowi, mengejawantahkan nilai-nilai luhur tasawuf thoriqoh, mendekatkan tasawuf dan thoriqoh kepada negara masing-masing.

Jokowi meyakini nilai-nilai luhur budaya nusantara seperti saling menghargai, ramah tamah, sopan santun guyub, dan kearifan-kearifan bangsa lainnya akan sepenuhnya mewarnai Mukmatar tersebut.

"Mari kita terus merawat kerukunan merawat toleransi menolak ujaran kebencian, menolak fitnah dan hoaks terus berzikir, dan mendoakan persatuan dan keselamatan bangsa dan negara yang kita cintai ini," tutur Jokowi.

Jokowi berharap Muktamar Sufi Internasional tahun 2023 dapat memberikan inspirasi dan teladan bagi dunia Islam.



"Terakhir saya mengharapkan Mukmatar ini akan menjadi inspirasi dan teladan bagi dunia Islam. Menuntun umat Islam ke arah perbaikan dan kebaikan. Memberikan solusi di tengah krisis kemanusiaan yang saat ini tengah melanda dunia," tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)