Banyak Negara Lain Terinspirasi Indonesia

Kamis, 09 Maret 2017 - 23:44 WIB
Banyak Negara Lain Terinspirasi Indonesia
Banyak Negara Lain Terinspirasi Indonesia
A A A
JAKARTA - Belakangan ini di setiap forum pertemuan internasional ulama, baik yang diselenggarakan Nahdlatul Ulama (NU) atau lembaga lain, hampir seluruh perwakilan negara timur tengah dan eropa selalu hadir. Itu menunjukkan Indonesia ini luar biasa.

Mantan Wakil Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Pengembang Organisasi NU di Kawasan Timur Tengah, Adnan Anwar mengatakan, Islam moderat yang berkembang di Indonesia terbukti mampu membangun konstruksi antar agama dalam perspektif Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Fakta itulah, kata dia yang membuat banyak negara-negara internasional belajar dan terinspirasi Islam moderat dari Indonesia untuk membangun perdamaian di negaranya masing-masing.

"Kalau negara lain saja betah dan mau belajar kepada Indonesia, kenapa justru orang Indonesia sendiri yang mempermasalahkan hal tersebut?" ujar Adnan dalam siaran persnya, Kamis (9/3/2017).

Menurutnya atas permintaan banyak negara di timur tengah, NU sudah membuka cabang di beberapa negara seperti Afganistan, India, dan Pakistan, juga beberapa negara di Afrika Utara. Dia menuturkan, kondisi itu sebagai fakta bahwa mereka benar-benar ingin meniru Indonesia dalam memelihara kerukunan dan kedamaian hidup bernegara. (Baca: Publik Bungkam ketika Densus Membunuh dengan Modal Stempel Teroris)

"Indonesia ini kan sudah mempraktikkan sebagai negara yang aman. Nah negara yang aman ini menjadi modal untuk membangun peradaban," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9454 seconds (0.1#10.140)