Warga Spanyol Antusias Ikuti Open House Kapal Latih KRI Bima Suci di Bouzas

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 13:25 WIB
loading...
Warga Spanyol Antusias Ikuti Open House Kapal Latih KRI Bima Suci di Bouzas
Penggemar kapal perang di Spanyol antusias mengikuti open house KRI Bima Suci di Bouzas, Spanyol, akhir Agustus 2023. FOTO/DOK.KBRI SPANYOL
A A A
JAKARTA - Penggemar kapal perang di Spanyol antusias mengikuti open house KRIBima Suci di Bouzas, Spanyol, akhir Agustus 2023. Kesempatan langka ini dimanfaatkan penduduk lokal serta turis yang kebetulan berada di Kota Maritim itu untuk melihat daleman kapal perang ini.

"Saya seperti melihat salah satu putra Spanyol sendiri, karena kapal ini dibuat di sini," kata salah satu pengunjung.

KRI Bima Suci dibangun di Kota Maritim, Vigo, Spanyol pada 2017.Kapal ini menggantikan KRI Dewa Ruci yang purnatugas setelah berlayar selama 60 tahun.



Selain bisa melihat seluk beluk KRI Bima Suci, pengunjung juga terhibur dengan sajian tarian Rampak Gendang (Jawa Barat), Tari Piring (Sumatera), Tari Jauk (Bali), dan Tari Badinding.

Sebelum marapat di Bouzas, KRI Bima Suci terlebih dahulu bersandar di Rotstock, Jerman; L'Àrmada Prancis; Belanda, Inggris, dan Norwegia.

KRI Bima Suci memboyong 145 Taruna Akademi Laut di bawah komando Letkol Laut M Sati Lubis. "Spanyol istimewa karena di sinilah lahirnya KRI Bima Suci. Hubungan khusus ini perlu dipertahankan dengan hangat," kata Sati.



Dubes RI untuk Spanyol Muhammad Najib mengaku bangga dengan kedatangan kapal perang ini. "Jiwa NKRI tersemat di hati setiap prajurit kelautan Bima Suci. Saya harap semangat ini terus terpupuk tidak hanya di dada parjurit, namun juga ke generasi muda dan masyarakat Indonesia lainnya," katanya.

Setelah bersandar di Spanyol, KRIBima Suci akan melanjutkan perjalanan menuju Indonesia.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2359 seconds (0.1#10.140)