Sah! Partai Anak Muda, Survei Litbang Kompas: Partai Perindo Nomor 1 Diminati Gen Z dan Milenial

Kamis, 24 Agustus 2023 - 11:22 WIB
loading...
Sah! Partai Anak Muda, Survei Litbang Kompas: Partai Perindo Nomor 1 Diminati Gen Z dan Milenial
Partai Persatuan Indonesia (Perindo) paling diminati Gen Z atau mereka yang usianya di bawah 26 tahun berdasarkan hasil survei terbaru Litbang Kompas. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) paling diminati Gen Z atau mereka yang usianya di bawah 26 tahun berdasarkan hasil survei terbaru Litbang Kompas. Dalam survei itu, partai berlambang Rajawali mengembangkan sayap dan ditetapkan KPU bernomor urut 16 pada kertas suara Pemilu 2024 itu berada di nomor 1 di kalangan generasi Z.

Sebanyak 56,5% Gen Z menyukai Partai Perindo --yang dipimpin oleh Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo dan mendukung Bacapres Pemilu 2024 Ganjar Pranowo itu. Jumlah tersebut paling banyak ketimbang partai lain.

Sementara itu, 19,6% milenial atau Gen Y-Muda (usia 26-33 tahun) yang menyukai Partai Perindo yang dikenal sebagai partai modern yang peduli rakyat kecil, gigih berjuang untuk penciptaan lapangan kerja dan Indonesia sejahtera itu.

Sah! Partai Anak Muda, Survei Litbang Kompas: Partai Perindo Nomor 1 Diminati Gen Z dan Milenial






Diketahui, survei periodik melalui wawancara tatap muda diselenggarakan Litbang Kompas pada 27 Juli-7 Agustus 2023. Sebanyak 1.364 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi.

Dengan metode ini, tingkat kepercayaan 95 persen, margin of error penelitian sekitar 2,65 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. “Meskipun demikian, kesalahan di luar pemilihan sampel dimungkinkan terjadi. Survei dibiayai sepenuhnya oleh Harian Kompas,” bunyi keterangan infografis survei tersebut.

Sementara pemilih Perindo dalam tiga survei terakhir terekam sudah semakin mengumpul ke pilihan Ganjar dengan proporsi signifikan ketimbang pilihan ke Prabowo Subianto atau Anies Baswedan. Bahkan, dalam survei Litbang Kompas pada Agustus 2023, Perindo semakin mampu menggalang soliditas ke Ganjar sehingga proporsi pemilih Anies turun ke jumlah yang minim.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1737 seconds (0.1#10.140)