Ferry Perindo: Survei Membuktikan Masyarakat Ingin Ganjar Jadi Presiden

Selasa, 22 Agustus 2023 - 16:57 WIB
loading...
Ferry Perindo: Survei Membuktikan Masyarakat Ingin Ganjar Jadi Presiden
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo disambut warga saat meninjau perbaikan jalan di ruas Pebatan-Rengaspendawa, Brebes, Sabtu (19/8/2023). FOTO/DOK.PEMPROV JATENG
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Perindo Ferry Kurnia Rizkiyansyah merespons hasil survei Litbang Kompas. Ferry menilai bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo merupakan sosok yang masyarakat inginkan untuk melanjutkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ferry berpendapat manuver politik elite tidak memengaruhi dukungan masyarakat terhadap Ganjar. Dalam survei itu, elektabilitas Ganjar tetap unggul dari bacapres lain meski bersaing ketat. Apalagi, kata Ferry, survei juga menunjukkan bahwa elektabilitas Ganjar menanjak, elektabilitas bacapres lain cenderung stagnan.

"Dukungan dan keinginan masyarakat yang kuat tercermin dalam survei Litbang Kompas. Ini menjadi bukti bahwa masyarakat menginginkan Mas Ganjar melanjutkan kepemimpinan Pak Jokowi," kata Ferry, Selasa (22/8/2023).



Dia menilai peningkatan elektabilitas Ganjar karena berbagai faktor, seperti sosialisasi yang efektif sehingga disukai masyarakat dan peningkatan popularitas atas dukungan terhadap kebijakan yang Ganjar usung.

"Mas Ganjar setipe dengan Pak Jokowi, bergerak dari lokal dengan memahami denyut nadi masyarakat kebanyakan, untuk menasional bahkan mengglobal," ujar Ferry.

Ferry mengatakan, meskipun persaingan elektabilitas dengan bacapres lain tetap ketat, tapi survei Litbang Kompas menandakan dalam rentang waktu survei tersebut, Ganjar berhasil memperoleh lebih banyak dukungan dari masyarakat.

"Karena masyarakat lebih tertarik dan terlibat dalam memilih Ganjar yang dianggap paling sesuai dengan harapan mereka," kata Ferry.



Dalam survei Litbang Kompas, Ganjar Pranowo unggul dalam simulasi terbuka, simulasi 10 nama, 5 nama hingga 3 nama. Saat simulasi terbuka, elektabilitas Ganjar Pranowo dipilih responden sebanyak 24,9%, Prabowo Subianto 24,6%, dan Anies Baswedan 12,7%.

Dalam simulasi 10 nama, Ganjar Pranowo diketahui mendapatkan 29,6%. Sementara itu, Prabowo Subianto 27,1%, dan Anies Baswedan 15,2%. Berikutnya, dalam simulasi lima nama, Ganjar memperoleh suara sebesar 31,8%, Prabowo 27,8%, dan Anies 15,6%.

Dalam simulasi tiga nama, Ganjar mendapatkan elektabilitas 34,1%. Gubernur Jawa Tengah itu unggul dari Prabowo yang punya 31,3%, dan Anies 19,2%.

Sedangkan dalam survei terbaru Indikator Politik Indonesia, dukungan kepada Ganjar berhasil rebound. Elektabilitas Ganjar sebesar 35,2% jika pemilihan presiden diadakan sekarang. Kemudian, Prabowo 33,2% dan Anies hanya 23,9%.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)