Profil Brigjen Winarni, Jenderal TNI Wanita yang Bertugas Jadi Stafsus KSAD Dudung

Minggu, 20 Agustus 2023 - 15:51 WIB
loading...
Profil Brigjen Winarni, Jenderal TNI Wanita yang Bertugas Jadi Stafsus KSAD Dudung
Stafsus KSAD Brigjen Winarni. FOTO/TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE TNI AD
A A A
JAKARTA - Sosok Brigjen Winarni menarik diketahui profilnya. Saat ini jenderal TNI wanita itu menjabat sebagai Staf Khusus (Stafsus) Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) tidak hanya beranggotakan laki-laki tapi juga wanita. Berdasar data 2022, prajurit TNI diperkirakan sebanyak 444.133 orang. Dari jumlah itu, 8.850 atau sekitar 2% di antaranya adalah wanita.

Khusus untuk prajurit perempuan di TNI AD disebut Kowad (Korps Wanita Angkatan Darat). Adapun di TNI AU dikenal dengan Wara (Korps Wanita Angkatan Udara) dan di TNI AL disebut Kowal (Korps Wanita Angkatan Laut).



Banyak wanita yang kemudian berkarier di militer, salah satunya adalah Winarni yang tembus pangkat jenderal bintang satu atau Brigadir Jenderal (Brigjen). Lalu seperti apa sosok Brigjen TNI Winarni? Berikut ini profil singkatnya.

Profil Brigjen Winarni

Brigjen TNI Winarni adalah seorang petinggi perwira di TNI-AD yang sejak tanggal 21 Januari 2022 menjabat sebagai Staf Khusus KSAD.

Jenderal bintang 1 ini awalnya kuliah di UPN Veteran Jakarta setelah lulus dari SMAN 1 Kota Bekasi pada 1982. Winarni berhasil lulus dari UPN pada 1986.

Kemudian Winarni mengikuti Sekolah Perwira Militer Sukarela (Sepamilsuk) ABRI dan mengambil kecabangan Korps Ajudan Jenderal (Caj).

Winarni mulai meniti karier militer sebagai Pama Ditajenad setelah lulus dari Sepamilwa ABRI pada 1988.

Wanita yang kini berpangkat Brigjen ini pernah ditugaskan di Kodam VI/Tanjungpura sebagai Pama Ajendam, Paur Simindiaga Ajendam, dan Kaur Siminperspra Ajendam.

Setelah itu Winarni dipindah ke Kodam III/Siliwangi menjadi Kainfolahtadam, Kaajendam, dan Staf Ahli Pangdam. Pada 2016, ia ditarik menjadi Paban III/Jemen Srenad.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1020 seconds (0.1#10.140)