Mendagri: Pelaksanaan Pilkada di 101 Daerah Berjalan Kondusif

Rabu, 15 Februari 2017 - 16:38 WIB
Mendagri: Pelaksanaan Pilkada di 101 Daerah Berjalan Kondusif
Mendagri: Pelaksanaan Pilkada di 101 Daerah Berjalan Kondusif
A A A
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan pelaksanan pemilihan kepala daerah (pilkada) di 101 daerah berjalan kondusif. Hal ini diketahui setelah Tjahjo melakukan video conference dengan jajaran pemerintah daerah.

“Sejauh ini pilkada berjalan aman. Baik logistik ataupun keamanan,” ujarnya di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Rabu (15/2/2017).

Misalnya saja di Provinsi Banten meski sebelumnya diprediksi menjadi wilayah yang rawan tapi hari ini berjalan kondusif. Tjahjo pun mengapresiasi kinerja penyelenggara dan semua pihak yang telah mempersiapkan segalanya.

“Alhamdulillah Banten itu masuk wilayah rawan kedua tapi aman dan sukses,” katanya.

Akan tetapi dari laporan sementara yang diterima angka partisipasi masih di bawah target yakni 62%. Selain itu, Tjahjo juga menyayangkan masih terjadi politik uang di Banten. Sebagaimana laporan yang diterimanya ditemukan paket sembako dan mukena beserta gambar pasangan calon.

“Ada yang sedang ditangani panwas. Tapi dibandingkan pilkada sebelumnya saya rasa polik uang menurun,” kata dia.

Politikus PDIP ini menambahkan, di beberapa daerah kondisi geografis dan cuaca sempat mengganggu proses pemilihan. Hal ini terjadi di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah (Kalteng), dimana sejak pagi terjadi hujan deras.

Selain itu, juga terjadi bencana alam longsor di Jalan dari Denpasar ke Singaraja, Bali. “Tapi laporan dari Bali di Buleleng partispasinya bisa sampai 85%,” ucapnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5937 seconds (0.1#10.140)