HUT ke-78 RI, Koarmada III Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut Perairan Tanjung Saoka Sorong

Kamis, 17 Agustus 2023 - 04:52 WIB
loading...
HUT ke-78 RI, Koarmada III Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut Perairan Tanjung Saoka Sorong
Dansat Kopaska Koarmada III Letkol Laut (P) Robinson H Etwiory menjadi inspektur upacara pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut Perairan Tanjung Saoka, Sorong, Papua Barat Daya, Kamis (17/8/2023). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Komandan Satuan Komando Pasukan Katak (Dansat Kopaska) Koarmada III Letkol Laut (P) Robinson H Etwiory menjadi inspektur upacara pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut untuk memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Upacara digelar di Perairan Tanjung Saoka, Sorong, Papua Barat Daya, Kamis (17/8/2023).

Dansat Kopaska Armada III memimpin upacara pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut mewakili Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) IIl Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi. Sebab, pada hari yang sama Pangkoarmada III menghadiri upacara perayaan HUT ke-78 RI di Stadion Wombik, Sorong bersama dengan Penjabat (Pj) Gubernur dan Forkopimda Papua Barat Daya.

"Pengibaran bendera bawah laut ini dalam rangka peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia, dan merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan Koarmada III untuk memeriahkan peringatan tersebut, sekaligus untuk menunjukkan keindahan laut Papua Barat Daya dengan berjuta kekayaan di dalamnya yang harus tetap terjaga keutuhannya," kata Robinson dalam keterangannya.



Robinson menjelaskan, pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut Papua ini melibatkan 50 personel. Di antaranya personel dari Satkopaska, Dislambair Koarmada III, dan Ditpolairud Polda Papua Barat.

Di tempat terpisah, Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi mengatakan pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut mengisyaratkan bahwa Koarmada III selalu siap menjaga kedaulatan dan keamanan di seluruh jajaran wilayah kerjanya.

"Tentunya kegiatan ini diharapkan dapat memacu dan membangkitkan masyarakat Papua Barat Daya untuk memanfaatkan potensi laut yang ada, sehingga dapat terus melaju untuk Indonesia maju," kata Jayadi.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)