Ganjar Sukses Pimpin Jawa Tengah, Berpotensi Menang Pilpres 2024

Rabu, 16 Agustus 2023 - 21:50 WIB
loading...
Ganjar Sukses Pimpin Jawa Tengah, Berpotensi Menang Pilpres 2024
Bakal calon presiden Ganjar Pranowo dinilai berpotensi besar memenangkan Pilpres 2024 meski mendapat dukungan partai politik (parpol) lebih sedikit ketimbang rivalnya. Foto/Dok MNC Media
A A A
JAKARTA - Bakal calon presiden Ganjar Pranowo dinilai berpotensi besar memenangkan Pilpres 2024 meski mendapat dukungan partai politik (parpol) lebih sedikit ketimbang rivalnya. Sebab, pria kelahiran 28 Oktober 1968, Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng) ini punya rekam jejak yang tidak dimiliki calon lain, yakni sukses memimpin Jateng.

Peneliti Omnihub Consulting Andhika Nurwin Maulana menilai kesuksesan Ganjar membangun Jateng bisa menjadi magnet bagi masyarakat. Dia berpendapat bahwa amplifikasi cerita sukses memimpin daerah pernah dilakukan Joko Widodo (Jokowi) saat maju sebagai capres.

Beberapa program Jokowi di Kota Solo dan DKI Jakarta digunakan untuk kampanye pilpres. Namun, tentu saja program-program keberhasilan tersebut dikemas dalam bentuk program tingkat nasional.





Sehingga, ujar dia, masyarakat umum akan lebih mudah memahami. “Ilustrasi Pak Ganjar Pranowo menentukan kebijakan pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam pemilihan-pemilihan kebijakan yang pelik tentu saja membuat figur Pak Ganjar lebih baik,” katanya.

Andhika memberikan contoh mengenai penentuan anggaran di sektor mana yang lebih prioritas. Tentu saja dalam hal ini tidak akan membuat semua pihak merasa diuntungkan, dan selalu ada pihak yang dirugikan dalam memilih sektor prioritas dalam anggaran.

Akan tetapi, lanjut dia, Ganjar dapat menentukan sektor prioritas dengan baik dan juga dapat memberikan jawaban dengan bijak pada sektor yang tidak menjadi prioritas. Jawaban Ganjar bagi sektor yang tidak menguntungkan tersebut juga dipahami dengan baik.

Sehingga tidak membuat gejolak lainnya dan berbahaya bagi situasi di Jawa Tengah. “Sehingga Pak Ganjar akan lebih mudah dalam membuat kampanye program nasional dan juga punya cerita sukses dengan gaya kepemimpinan beliau di daerah sebelumnya," ujar Andhika.

Ganjar terbilang sukses memimpin Jawa Tengah. Di bawah kepemimpinan Ganjar, Provinsi Jateng kembali meraih penghargaan sebagai provinsi berkinerja terbaik secara nasional, yang didasarkan pada Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Tahun 2022.

Provinsi Jawa Tengah berhasil menjadi provinsi berkinerja terbaik secara nasional dengan perolehan skor 3,714 status kinerja tinggi. Provinsi Jawa Tengah menempati posisi pertama mengungguli DI Yogyakarta di urutan kedua dengan skor 3,621 status kinerja tinggi, dan Jawa Timur di urutan ketiga yang memperoleh skor 3,613 status kinerja tinggi.

Ganjar menilai penghargaan itu dapat diraih berkat kerja keras dan dedikasi seluruh jajaran Pemprov Jateng. Termasuk, seluruh jajaran yang telah berdedikasi di kabupaten/ kota seprovinsi ini. Ganjar berharap, nanti ketika Jawa Tengah dipimpin figur lain, pondasi program yang sudah berjalan baik dilanjutkan, dan yang kurang disempurnakan, misalnya, penerapan good governance, pondasi integritas, dan gerakan antikorupsi tetap bisa berjalan.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0964 seconds (0.1#10.140)