Arti dan Makna Logo HUT ke-78 RI Beserta Panduan Penggunaannya

Rabu, 16 Agustus 2023 - 18:42 WIB
loading...
Arti dan Makna Logo HUT ke-78 RI Beserta Panduan Penggunaannya
Arti dan makna logo HUT ke-78 RI. Foto/Dok. Kemensetneg RI
A A A
JAKARTA - Arti dan makna logo HUT ke-78 RI ternyata sangat mendalam. Logo untuk Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia ini memiliki makna serta filosofi yang berkaitan dengan sila-sila Pancasila.

Selain itu, logo HUT ke-78 RI juga memiliki aturan dalam penggunaannya. Setiap warga negara Indonesia dianjurkan untuk menggunakan logo tersebut sebagai upaya untuk merayakannya. Untuk mengetahui arti dan makna dari logo HUT ke-78 RI ini, simak terus ulasan berikut.

Arti Makna Logo HUT RI Ke-78


Logo HUT ke-78 RI adalah angka 78 dengan perpaduan warna merah solid pada angka 7 dan ada lima garis berwarna merah pada angka 8. Logo yang satu ini sesuai dengan tema yang dibawa, yaitu “Terus Melaju untuk Indonesia Maju” dengan harapan dapat melanjutkan pembangunan menggunakan semangat estafet.

Makna logo HUT RI ke-78 jika berada dalam karakter visual menyiratkan rasa lugas, tegas, stabil serta merefleksikan gelora semangat perjuangan bangsa Indonesia. Logo ini juga melambangkan gotong royong, harmoni dan sifat tanggung jawab bersama sebagai upaya untuk memajukan kesejahteraan rakyat.

Berikut ini adalah rincian makna yang ada dalam setiap elemen pada logo HUT ke-78 RI.

1. Estafet


Garis padat horizontal yang melambangkan tongkat estafet yang selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa untuk bergotong royong menuju Indonesia Maju.

2. Terus Melaju


Terus melaju dilambangkan dengan angka 7 berbentuk arah panah ke atas yang bermakna bergerak maju dengan laju progresif menuju Indonesia Maju.

3. Tanggung Jawab Bersama


Perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis yang bermakna latar belakang Negara Republik Indonesia yang beragam. Ekspresi rasa tanggung jawab bersama selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa melaju bersama menuju Indonesia Maju (Bhineka Tunggal Ika).

4. Pancasila


Makna Pancasila sendiri terbentuk dari 5 garis melengkung yang melambangkan 5 sila dalam Pancasila sebagai landasan bernegara dalam proses melaju.

5. Keberlanjutan


Perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis yang tidak terputus yang bermakna keberlanjutan progres pembangunan yang terus berlanjut dan tidak pernah berhenti. Hal itu dilakukan dengan cara melibatkan setiap elemen bangsa untuk membangun bangsa dan negara yang adil makmur sentosa, bergotong royong menuju Indonesia Maju.

6. Globalisasi


Bentuk bulat yang ditampilkan oleh angka 8 yang merepresentasikan pola pikir global. Pembangunan berorientasi pada kemajuan kesejahteraan rakyat, menghasilkan SDM unggul yang siap berkompetisi di panggung dunia.

Panduan Penggunaan Logo yang Benar


- Logo HUT RI ke-78 harus selalu ditampilkan dengan tepat dan konsisten sesuai dengan pedoman identitas visual publik yang diterbitkan oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

- Logo tersebut harus diberi jarak yang cukup dari tepi media atau logo lainnya agar tetap terlihat jelas dan tidak berdesakan.

- Logo HUT RI ke-78 tidak boleh ditempatkan pada area foto yang ramai, tidak kontras, atau mengandung objek lain. Logo tersebut juga tidak boleh diberi efek bayangan, gradasi, pola, atau foto.

- Logo tersebut harus ditampilkan dengan orientasi horizontal dan tidak boleh diputar atau dibalik. Logo HUT RI ke-78 juga tidak boleh diubah komposisi, warna, jenis huruf, atau ukurannya.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2800 seconds (0.1#10.140)