Densus 88: Teroris DE Sudah Baiat ke ISIS Sebelum Jadi Karyawan PT KAI

Selasa, 15 Agustus 2023 - 12:26 WIB
loading...
Densus 88: Teroris DE Sudah Baiat ke ISIS Sebelum Jadi Karyawan PT KAI
Densus 88 Antiteror Polri mengungkapkan bahwa tersangka teroris DE (28) sudah baiat atau sumpah setia ke organisasi ISIS sebelum resmi menjadi Karyawan PT KAI. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri mengungkapkan bahwa tersangka teroris DE (28) sudah baiat atau sumpah setia ke organisasi ISIS sebelum resmi menjadi Karyawan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

"Ya jadi dari catatan tentang status karyawannya dia itu bergabung 2016 sebagai karyawan PT KAI," ujar Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar kepada wartawan, Selasa (15/8/2023).



Bahkan, kata Aswin, DE pada tahun 2010 telah bergabung ke jaringan Mujahidin Indonesia Barat (MIB). Kemudian, tersangka mengucap sumpah setia ke Amir ISIS di tahun 2014.

"Jadi setelah dia awal tadi pertama dia bergabung dengan MIB di Bandung menjadi jamaah di WM yang sudah ditangkap itu, kemudian 2014 dia menyatakan baiat tunduk kepada amir ISIS, kemudian 2016 baru dia terdaftar sebagai karyawan PT KAI," jelas Aswin.

Di sisi lain, Aswin mengklaim bahwa pihaknya selama ini sudah berkoordinasi dengan BUMN untuk bekerja sama terkait dengan pencegahan paham radikal maupun terorisme.

"Kita juga selama ini sebenarnya berkoordinasi dengan pihak BUMN, melakukan kerja sama untuk menangkal paham radikal ini di BUMN," ucap Aswin.

Pasalnya, kata Aswin, kasus Karyawan BUMN terlibat kasus terorisme ini bukanlah yang pertama kalinya terungkap.

"Itu beberapa berita sebelumnya juga disampaikan, ada karyawan yang lain yang pernah terlibat kita lakukan kegiatan pencegahan di BUMN. Siapa pun, ini tidak menyangkut masalah teman sesama karyawan, siapa pun terkait dengan jaringan kelompok yang dinyatakan sebagai kelompok terlarang teroris ini akan berhadapan dengan kita secara hukum," papar Aswin.

Sebelumnya, Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap tersangka teroris di Bekasi berinisial DE yang merupakan seorang karyawan BUMN di PT KAI pada Senin, 14 Agustus 2023.



Polisi melakukan penggeledahan pasca-penangkapan DE. Dalam operasi itu, aparat melakukan penyitaan terhadap sejumlah senjata api (senpi) rakitan.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1400 seconds (0.1#10.140)