SINDOnews.com Raih Penghargaan Media Brand Award 2023 dari SPS

Senin, 14 Agustus 2023 - 18:16 WIB
loading...
SINDOnews.com Raih Penghargaan Media Brand Award 2023 dari SPS
Pemimpin Redaksi SINDOnews.com Pung Purwanto (dua dari kanan) menerima penghargaan Media Brand Award 2023 dari SPS. Foto/SINDOnews
A A A
BALI - Portal berita SINDOnews.com mendapatkan penghargaan Media Brand Awards 2023 untuk kategori media nasional di puncak peringatan ke-77 Serikat Perusahaan Pers (SPS) yang berlangsung di Denpasar, Bali, Jumat 11 Agustus 2023 lalu.

Penghargaan ini diserahkan langsung Gubernur Bali Wayan Koster didampingi para pengurus SPS Pusat yakni Ketua Umum Januar P Ruswita dan Sekjen Asmono Wikan. “Pers adalah mitra penting karena menjadi medium yang paling efektif untuk mengomunikasikan kebijakan pemerintah daerah. Saya selalu ingin bergaul dengan pers dan berusaha tidak bermasalah dengan pers,” ujar Koster dalam sambutan di puncak HUT SPS yang mengambil tema Transformasi Industri Media untuk Bangkit Bersama.

Acara gala dinner di halaman kediaman gubernur dihadiri ratusan undangan dari berbagai kalangan. Selain para pengurus SPS pusat dan 21 SPS daerah, hadir pula para perwakilan pimpinan media nasional dan daerah, perwakilan BUMN dan korporasi swasta yang malam itu juga mendapatkan penghargaan dari berbagai kategori.



Di antaranya Media Brand Award, Media Relations Award, Korporasi dan Pemimpin Terpopuler di Media Arus Utama. Selain SPS juga akan memberikan Penghargaan Khusus, yakni Lontar & Lestari Award.

Ketua Umum SPS sekaligus Komisaris Utama Pikiran Rakyat, Januar P. Ruswita memberikan penghargaan tertinggi Lontar Award 2023 kepada Gubernur Bali Wayan Koster atas budi dan jasa sumbangsihnya dalam memajukan industri dan ekosistem media-media di daerah, khususnya Bali. SPS juga memberikan penghargaan tertinggi Lestari Award 2023 kepada Pemerintah Provinsi Bali karena keberhasilannya dalam menjaga keberlanjutan warisan budaya setempat sebagai tiang penyangga pers lokal.



Januar juga menyerukan ke semua pihak terutama pemerintah untuk hadir menyelamatkan industri pers Indonesia yang sedang mengalami banyak tantangan dan cobaan terutama ancamana dari keberadaan platfom global yang hingga hari ini belum diatur. Tujuannya agar pers tetap bisa menjalankan fungsinya dengan baik dan bermartabat di tengah gempuran berita palsu dan hoax. “Banyak perusahaan pers yang mendegradasikan diri melalui produk jurnalistiknya dengan mengubah karya menyesuaikan selera algoritma platform global,” ujarnya.

Januar menambahkan, sebagai konstituen Dewan Pers, SPS mendukung penuh rencana penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) Publisher Rights yang digagas dan diperjuangkan masyarakat pers dalam tiga tahun belakangan. Perpres tersebut akan mendorong kesepakatan bagi hasil ekonomi yang lebih fair antara platform digital dan perusahaan pers atas pemanfaatan produk jurnalistik lembaga media yang mendorong produk jurnalistik berkualitas.

“Kehadiran pemerintah dalam bentuk kewenangan yang dimilikinya akan membangun ekosistem pers yang memungkinkan industri pers nasional sebagai entitas bisnis yang sehat dan berkelanjutan serta sebagai insan pers yang terus menghasilkan produk berkualitas dan bertanggung jawab,” ujar Januar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2280 seconds (0.1#10.140)