Jokowi Paparkan 4 Kriteria Pemimpin, Pengamat: Bahasa Dukungan Politik, Mengarah ke Ganjar

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 18:00 WIB
loading...
Jokowi Paparkan 4 Kriteria Pemimpin, Pengamat: Bahasa Dukungan Politik, Mengarah ke Ganjar
Presiden Jokowi bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai Salat Id di Masjid Syeikh Zayed, Kota Solo, Sabtu (22/4/2023). Foto/IST
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) membocorkan 4 kriteria pemimpin Indonesia di masa mendatang. Empat kriteria itu bernyali, berani, konsisten, dan mampu berlari.

Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno mengatakan, pernyataan Jokowi soal kriteria pemimpin Indonesia ke depan mengarah ke Ganjar Pranowo .

"Ketika bicara bahwa pemimpin itu adalah mereka yang mampu berlari kencang, seakan-akan itu mengarah kepada Ganjar Pranowo, karena selama ini capres yang teridentifikasi memiliki hobi dan kegemaran berlari, belanja masalah-masalah terhadap rakyat secara langsung, hanyalah Ganjar Pranowo," kata Adi kepada MPI, Jumat (11/8/2023).



Menurut Adi, Jokowi yang merupakan orang Jawa kerap memberikan kisi-kisi terselubung terkait capres yang akan didukung. Kini, ucapan tersebut juga memperlihatkan dengan jelas arah dukungannya ke Ganjar Pranowo.

"Jokowi ini kan orang Jawa, tentu bahasa dukungan politiknya tidak disampaikan secara eksplisit tapi menggunakan bahasa bahasa kiasan dan bahasa bahasa pemancing," imbuhnya.

"Publik mengira, publik menduga Jokowi menyebut bahwa pemimpin negara adalah yang mampu berlari kencang, itu rasa-rasanya mengarah ke Ganjar Pranowo bukan yang lain," sambungnya.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi memberikan empat syarat yang harus dimiliki oleh pemimpin negara selanjutnya. Hal itu diungkapkan Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan para pemimpin redaksi (pemred) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2023).



"Pertama, harus punya nyali. Kedua, harus berani. Ketiga, mesti konsisten, jadi bertahan dengan kebijakannya, jangan sampai goyang, jangan sampai gampang dirayu," kata Direktur Pemberitaan MNC Group Prabu Revolusi yang hadir dalam pertemuan tersebut.

"Keempat, harus bisa berlari. Harus bisa berlari katanya, katanya membutuhkan endurance yang tinggi, nafasnya mesti panjang," lanjut Prabu.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1727 seconds (0.1#10.140)