Ungkap 4 Syarat Pemimpin Versi Jokowi, Yusuf Lakaseng: Hanya Dipenuhi oleh Ganjar

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 13:35 WIB
loading...
Ungkap 4 Syarat Pemimpin Versi Jokowi, Yusuf Lakaseng: Hanya Dipenuhi oleh Ganjar
Presiden Jokowi memberikan sinyal dukungan kepada bacapres Ganjar Pranowo. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memberikan sinyal dukungan kepada bacapres Pilpres 2024, Ganjar Pranowo . Hal ini dikatakan oleh Ketua DPP Bidang Politik Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Yusuf Lakaseng .

Bahwa ada empat kriteria pemimpin Indonesia di masa yang akan datang menurut Jokowi, yakni punya nyali, pemberani, konsisten, dan bisa berlari.

Lakaseng menyebutkan, empat syarat yang disampaikan Jokowi itu untuk menjawab tantangan global, dinamika politik dalam negeri, bonus demografi, dan pembangunan yang berkelanjutan.

"Tentu empat syarat itu akan langsung dihubungkan ke pada tiga figur utama yang suda terlihat, siapakah di antara Ganjar, Prabowo, dan Anies yang pas dengan kriteria itu dan saya kira Pak Jokowi secara tidak langsung mau menyampaikan kalau syarat-syarat itu hanya di penuhi oleh Ganjar Pranowo," kata Lakaseng saat dihubungi, Jumat (11/8/2023).



Lakaseng melanjutkan, dengan menyebutkan empat kriteria pemimpin Indonesia, Jokowi sedang memberikan dukungan secara simbolik.

"Terkhusus pada syarat keempat untuk memudahkan rakyat membaca siapa figur yang di dukung Pak Jokowi, sudah jelas itu adalah Ganjar Pranowo," ujarnya.

"Ganjar itu bernyali, pemberani, teguh pendirian, dan seorang pelari yang pasti menggerakkan pembangunan untuk bergerak lebih cepat menuju pada arah kemajuan dan kemakmuran," sambungnya.

Sebelumnya, Jokowi memberikan empat syarat yang harus dimiliki oleh pemimpin negara selanjutnya. Hal itu diungkapkan Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan para pemimpin redaksi (pemred) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2023).

"Pertama, harus punya nyali. Kedua, harus berani. Ketiga, mesti konsisten, jadi bertahan dengan kebijakannya, jangan sampai goyang, jangan sampai gampang dirayu," ujar Direktur Pemberitaan MNC Group Prabu Revolusi yang hadir dalam pertemuan tersebut.

"Keempat, harus bisa berlari. Harus bisa berlari katanya, katanya membutuhkan endurance yang tinggi, nafasnya mesti panjang," lanjut Prabu.

Sementara syarat yang keempat, kata Prabu, menjadi sorotan para pemred. Bahkan, para pemred meminta penegasan kembali terkait syarat yang bisa berlari.

"Semuanya juga ketika presiden bicara berlari, semua (pemred) diam, langsung nanya. 'Pak ini yang jago lari?' 'Ya itu kan kalian, katanya, yang menafsirkan'," ucap Prabu sambil menirukan percakapan dalam forum tersebut.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)