5 Kata Ini Tidak Perlu Menggunakan Huruf H, Apa Saja?

Minggu, 06 Agustus 2023 - 09:25 WIB
loading...
5 Kata Ini Tidak Perlu Menggunakan Huruf H, Apa Saja?
Dalam penulisan atau percakapan sehari-hari, kita masih sering menemukan sejumlah kata dasar yang menggunakan huruf h. Padahal, jika mengacu KBBI, seharusnya tidak perlu menggunakan huruf h pada awal kata tersebut. Ilustrasi/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - Dalam penulisan atau percakapan sehari-hari, kita masih sering menemukan sejumlah kata dasar yang menggunakan huruf h. Padahal, jika mengacu KBBI , seharusnya tidak perlu menggunakan huruf h pada awal kata tersebut.

Satu di antara kata yang tidak perlu menggunakan huruf h adalah utang. Penasaran apa saja kata dasar yang tidak perlu menggunakan huruf h? Berikut ini SINDOnews tampilkan lima kata tersebut, bersumber dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

1. Andal


Sebagian dari kita mungkin masih kerap menggunakan kata handal dalam berbicara atau menulis. Handal merupakan bentuk tidak baku dari kata andal. Makna kata andal ada dua. Pertama, dapat dipercaya. Kedua, memberikan hasil yang sama pada ujian atau percobaan yang berulang.

KBBI juga menampilkan turunan kata andal, antara lain mengandalkan dan andalan.

2. Isap

Siapa yang masih suka menggunakan kata hisap saat menulis dan berbicara? Ternyata, kata yang baku adalah isap. Sementara, hisap adalah kata tidak baku. Makna kata isap adalah tarik sampai masuk; hirup; sedot.

KBBI juga menampilkan turunan kata isap, yakni mengisap, mengisapkan, isapan, pengisap, dan pengisapan.


3. Embus

Ketika menulis atau berbicara tentang angin, tak jarang di antara kita yang menulis dengan kata 'berhembus'. Padahal, kata yang baku adalah embus. Menurut KBBI, embus bermakna tiup. Bisa juga bermakna enyah; pergi.

KBBI juga menampilkan turunan kata embus, antara lain berembus, mengembus, mengembuskan, embusan, dan pengembus.

4. Utang

Kata yang satu ini juga masih sering ditulis atau diucapkan menggunakan huruf h. Ada sebagian di antara kita yang menulisnya dengan kata hutang.

Menurut KBBI, yang baku adalah utang. Adapun makna utang adalah uang yang dipinjam dari orang lain. Utang juga bermakna kewajiban membayar kembali apa yang sudah diterima.

Lihat Juga: 5 Bahasa Gaul yang Masuk Kamus Besar Bahasa Indonesia

KBBI juga menampilkan turunan kata utang, antara lain berutang, mengutangi, dan perutangan.

5. Imbau


Satu lagi kata yang masih sering ditulis dan diucapkan dengan huruf h adalah imbau. Untuk diketahui, himbau adalah kata tidak baku. Sementara, kata bakunya adalah imbau yang bermakna panggil; sebut. Imbau juga memiliki makna pintakan; serukan.

KBBI juga menampilkan turunan kata imbau, antara lain mengimbau dan imbauan.

Demikian ulasan tentang 5 kata yang tidak perlu menggunakan huruf h. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca SINDOnews.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1611 seconds (0.1#10.140)