Lantik Wakil Kepala BRIN, Megawati Titip Pesan Ini ke Amarulla Octavian

Kamis, 03 Agustus 2023 - 16:54 WIB
loading...
Lantik Wakil Kepala BRIN, Megawati Titip Pesan Ini ke Amarulla Octavian
Ketua Dewan Pengarah BRIN Megawati Soekarnoputri menitipkan pesan kepada Wakil Kepala BRIN Laksdya TNI Amarulla Octavian untuk membenahi internal BRIN. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri menitipkan pesan kepada Wakil Kepala BRIN Laksdya TNI Amarulla Octavian untuk membenahi internal BRIN.

Permintaan itu dilayangkan Megawati setelah melantik Amarullah sebagai Wakil Kepala BRIN di kantor lembaga tersebut, Jalan MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/8/2023).



Menurut Amarulla, penataan internal itu harus disesuaikan dengan arahan Kepala BRIN Laksana Tri Handoko.

"Kalau arahan dari Bu Ketua tadi terkait tugas-tugas untuk penataan organisasi ke dalam. Jadi, untuk internal BRIN, kemudian ada penataan soal BRIDA atau Badan Riset dan Inovasi Daerah, tetapi itu semua harus sesuai dengan arahan Pak Kepala," ujar jenderal bintang tiga itu.

Amarulla mengatakan setelah menjadi Wakil Kepala BRIN, dirinya akan memprioritaskan organisasi dan tata kerja yang telah disusun sebelumnya.

"Prioritas sesuai dengan organisasi dan tata kerja di BRIN ini. Maka saya akan menyelesaikan program prioritas yang telah disusun oleh BRIN," tutur Pati TNI Angkatan Laut lulusan Akademi Angkatan Laut tahun 1988 itu.

Amarulla mengaku tidak akan memprioritaskan riset di sisi militer saja setelah menjabat Wakil Kepala BRIN meskipun dirinya berasal dari TNI AL.

Menurutnya, riset yang terpenting ialah bisa bermanfaat bagi umat manusia seperti ketika peneliti menciptakan ponsel hingga kamera.

"Tidak semata-mata selalu program itu diarahkan kepada kepentingan militer. Banyak sekali teknologi militer yang sebetulnya juga bisa dikonversi menjadi teknologi komersial. Handphone, ini tadinya teknologi militer. Internet, komputer, dan kamera tetapi setelah itu karena tidak perang, jadi diperuntukkan demi kesejahteraan manusia,” jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1892 seconds (0.1#10.140)